Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da Nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da Nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An
Foto : Jembatan Tangan Tuhan di Da Nang, Vietnam.

Buletin Dewata.

Perjalanan ke Kota Da Nang, Vietnam berawal dari menyaksikan tayangan iklan Jembatan Tangan Tuhan (Golden Bridge) di media sosial dan artikel tentang Ba Na Hills. Pernah juga menonton artis Korea melakukan pengambilan gambar di Da Nang, sehingga makin tertarik melihat langsung Ba Na Hills dan Hoi An yang ada di kota itu. Hampir selama setahun pantau harga tiket Denpasar- Da Nang jarang muncul promo. Saat ada notifikasi dari maskapai AirAsia menebar promo ke sejumlah destinasi dari Denpasar (Bali), akhirnya iseng obok-obok harga tiket Denpasar-Da Nang.

Memang benar saat itu pada akhir September 2019 AirAsia memberikan beberapa tiket promo. Di aplikasi maskapai ini muncul harga Denpasar-Da Nang via Kuala Lumpur Rp 2.645.100 per orang. Tanpa pikir panjang karena menurut saya ini harga yang sangat murah ke Kota Da Nang, akhirnya saat itu pula tiket langsung dibayar untuk 2 orang Rp 5.290.200 keberangkatan 16-21 Oktober 2019.

Setelah mendapat kode booking dari maskapai, langsung mencari-cari informasi objek wisata, lokasi hotel, transportasi menuju destinasi, makanan dan informasi lainnya terkait apa yang pantang dan boleh dilakukan di sana agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tulisan dari para blogger tentang Da Nang cukup banyak, apalagi kabarnya banyak artis dan warga Korea Selatan dan Tiongkok yang berwisata ke Da Nang.

Dari Denpasar pada Rabu 16 Oktober 2019 menuju Kuala Lumpur mengambil penerbangan malam supaya paginya bisa bekerja. Setelah pulang kerja, menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Pesawat lepas landas pukul 21.20 WITA nomor penerbangan AK371. Kemudian pesawat mendarat di Bandara KLIA2 Malaysia pada Kamis 17 Oktober 2019 pukul 00.20 waktu setempat. Di bandara ini kami transit selama 10 jam 10 menit.

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An
Foto : Bandara Internasional Da Nang, Vietnam.

Selanjutnya, pada hari itu juga pukul 10.30 waktu Kuala Lumpur pesawat lepas landas ke Da Nang dan mendarat pukul 12.05 waktu setempat. Kemudian menuju di imigrasi dengan penumpang lainnya, proses imigrasi pun berjalan lancar tanpa ada pertanyaan dari petugas imigrasi. Padahal seperti perjalanan ke negara lainnya, saya selalu menyiapkan print out bukti pemesanan kamar hotel untuk ditunjukkan ke pihak imigrasi. Lanjut menuju tempat informasi dan mengambil beberapa peta Da Nang dan brosur-brosur objek wisata dan aktivitas apa yang bisa dilakukan di sana.

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da Nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An
Foto : Konter Imigrasi dan pengambilan bagasi di Lantai I, Da Nang Airport.

Begitu keluar pintu bandara, langsung menuju arah kiri untuk menukar uang lokal di konter penukaran uang yang ada di area bandara. Ketika itu kami dari Bali membawa uang USD karena susah mendapatkan mata uang Dong Vietnam di Bali. Kemudian menuju hotel, saat itu awalnya memilih naik bus umum ke hotel. Akhirnya kami ke stasiun bus yang berada di luar bandara. Setelah jalan kaki selama lebih kurang 300 meter dari bandara, kami menemukan stasiun bus. Sekitar 5 menit menunggu, bus pun tidak kunjung tiba karena lelah akhirnya memilih naik taksi.

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An
Foto : Area di luar bandara.

Saat itu supir taksi menghampiri kami, entah bicara apa karena sama sekali tidak mengerti bahasa lokal setempat. Saya dan supir taksi pun berkomunikasi dengan Google Translate. Saya bilang mau menunggu bus menuju hotel yang berada di pusat Kota Da Nang. Supir taksi itu mengajak kami masuk ke mobil tapi saya tolak karena takut ditipu harga. Lantas saya tanya ke supir berapa biaya ke Jupiter Hotel, saya tunjukkan alamatnya yang telah kami print dari situs pesan kamar hotel (booking.com).

Si supir bilang tarifnya VND 100.000. Saya langsung bilang oke tanpa menawar. Padahal masih bisa ditawar tapi karena lelah dan ingin cepat-cepat sampai di hotel. Jarak hotel dari bandara sekitar 4 kilometer. Tiba di hotel, langsung proses check in. Sistem pembayaran di hotel ini dibayar lunas saat check out. Tidak seperti di negara lainnya, pembayaran dilakukan pada saat check in.

Biaya menginap tipe kamar deluxe dengan fasilitas yang komplit 4 hari 3 malam berdua VND 1.215.000 atau sekitar Rp 245.312 per hari. Begitu masuk ke kamar, saya agak tercengang karena kamarnya cukup luas dengan harga yang sangat murah. Setelah istirahat sebentar, sore hari mengelilingi pusat Kota Da Nang yang sangat dekat dengan hotel hanya jalan kaki beberapa ratus meter saja.

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An
Foto : Pasar Cho Han.

Di sekitar hotel terdapat pasar tradisional yaitu Pasar Cho Han yang menjual bunga, suvenir khas Da Nang seperti kerajinan tangan, pakaian dan makanan. Turis dari Korea banyak belanja pakaian di pasar ini karena harganya sangat murah. Di sepanjang jalan banyak sekali ada Coffee Shop, dan penjual produk-produk Korea Selatan. Setelah itu, jalan kaki ke Jembatan Naga (Dragon Bridge). Setiap hari Sabtu pukul 9 malam waktu setempat akan ada atraksi semburan api dari mulut naga. Hari pertama kami makan malam di restoran Korea karena sudah familiar dengan menu Korea. Harga VND 130.000 menu sup tahu pedas dan 2 mangkuk nasi putih.

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An
Foto : Jembatan Naga (Cau Rong).

Hari kedua (Jumat, 18 Oktober 2019) dari hotel menuju Hotel Brilliant tempat penjemputan shuttle bus Klook yang mengantar jemput dari Da Nang ke Ba Na Hills. Layanan antar jemput dan tiket Cable Car serta makan siang di Ba Na Hills sudah dibeli seminggu sebelum berangkat ke Da Nang yang dibeli di aplikasi Klook. Harga shuttle Da Nang-Ba Na Hills pergi pulang berdua Rp 188.792. Sedangkan tiket Cable Car dan makan siang di Ba Na Hills Rp 1.145.678 berdua.

Selama jalan kaki ke tempat penjemputan, mampir sebentar di kedai kopi karena penasaran akan rasa kopi Vietnam. Supir yang menjemput pun tiba di lokasi penjemputan tepat waktu pukul 9 waktu setempat. Setelah penumpang lainnya tiba, kami langsung menuju ke Ba Na Hills. Mobil yang digunakan Fortuner buatan Indonesia, kata si supir setelah mengetahui kami orang Indonesia. Di dalam mobil berisi 6 penumpang diantaranya kami berdua dari Indonesia dan 4 orang lainnya dari Korea.

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An
Foto : Jalanan di Kota Da Nang.

Pemandangan lalu lintas dari Da Nang ke Ba Na Hills sangat amat lancar karena tidak ada kemacetan dan kota ini pun tampak bersih. Setelah lebih kurang 1 jam perjalanan, supir menurunkan kami di tempat parkir. Dari tempat parkir, naik shuttle bus menuju Sun World yang juga tempat naik Cable Car. Sebelum ke arah stasiun Cable Car, terlebih dahulu ke konter pengambilan tiket yang sudah dibeli di Klook. Dilanjutkan foto-foto di depan ikon Sun World kemudian menuju ke Cable Car.

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An
Foto : Gerbang Pintu masuk/keluar Sun World Ba Na Hills.

Atrean naik Cable Car cukup panjang, saat itu pukul 10 lebih. Meski antrean panjang tetapi tidak butuh waktu lama untuk menunggu giliran masuk Cable Car atau kereta gantung. Perjalanan menuju Ba Na Hills cukup lama, 30 menit lebih. Bagi saya cukup menyeramkan, perlu keberanian. Saya pun takut menoleh ke bawah padahal pemandangannya sungguh cantik. Semakin tinggi, penglihatan pun buram karena kabut.

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An
Foto: Stasiun Cable Car menuju Ba Na Hills.

Cable Car Ba Na Hills lebih panjang dan tinggi dari yang di Ngong Ping Village Hong Kong. Saat naik Cable Car di Hong Kong, saya tidak merasa takut seperti ini. Turun di perberhentian pertama, udara sangat dingin dan diselimuti kabut tebal. Kemudian langsung naik semacam tram ke Jembatan Tangan Tuhan/Golden Bridge. Perasaan agak kecewa karena berkabut, jadi hasil foto tidak memuaskan seperti di iklan-iklan.

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An

Suasana sangat ramai dipenuhi turis Korea dan Tiongkok. Saya sama sekali tidak mendengar ada yang menggunakan Bahasa Indonesia. Untuk mendapatkan foto yang bagus, harus bertarung dengan kabut. Menunggu beberapa saat kabut bergeser, saat itu sinar matahari muncul, semua pengunjung dengan cepat mencari posisi berfoto. Tidak berselang lama, hanya beberapa detik, kabut kembali menutupi sinar matahari. Begitulah perjuangan untuk mendapatkan foto pemandangan di jembatan yang sedang viral ini.

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An
Foto : Jembatan Tangan Tuhan (Golden Bridge).

Selanjutnya kembali ke stasiun cable car untuk naik ke puncak Desa Perancis yang disebut French Village Ba Na Hills. Di sini semua bangunan ciri khas Perancis yang merupakan kawasan hotel. Dulunya, Desa Perancis ini dibangun untuk dijadikan tempat tinggal oleh warga Perancis saat berada di Da Nang.

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An
Foto : Desa Perancis di Ba Na Hills.

Tepat pukul 12 tiba di French Village Ba Na Hills, kami langsung menuju restoran Korea untuk makan siang yang sudah dibeli di Klook. Kemudian melanjutkan eksplor Desa Perancis dengan cuaca yang tidak bersahabat, kabut dan dingin.

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An
Foto : Restoran Arapang di Ba Na Hills.

Pukul 14.30 waktu setempat kami turun ke Sun World. Tepat pukul 4 sore, supir yang menjemput sudah tiba di tempat parkir. Di Sun World harga air mineral ukuran tanggung VND 20.000 dan camilan sejenis onde-onde VND 50.000 2 biji. Kemudian kembali ke Da Nang, tiba sekitar jam 5 sore. Kami diturunkan di tempat penjemputan, lantas jalan kaki beberapa meter ke Indochina Riverside Mall. Lokasi mall ini juga dekat dengan hotel tempat menginap. Di mall ini membeli 2 picis baju merk Giordano VND 440.000. Lanjut makan malam di sebuah kedai yang menjual makanan lokal. Menikmati makan mie putih daging babi khas Vietnam dilengkapi sayuran seharga VND 30.000/porsi bersama penduduk lokal.

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An
Foto : Bus dari Da Nang menuji Hoi An.

Hari ketiga (Sabtu 19 Oktober 2019) pukul 9 pagi sudah tiba di stasiun bus kuning, dekat hotel tepatnya di depan Gereja Pink untuk menuju ke kota tua Hoi An. Menunggu sekitar 25 menit, bus pun tiba mengantar ke Hoi An dengan membayar VND 50.000 per orang. Perjalanan sekitar 40 menit, tiba di stasiun bus Hoi An. Kami memutuskan jalan kaki dari stasiun bus ke pusat kota tua Hoi An. Berjalan kaki sekitar 1 kilometer lebih, sambil makan siang di warung warga setempat.

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An
Foto : Bangunan Tua yang umumnya berwarna kuning di Hoi An.

Kami kesusahan pesan makanan, akhirnya kembali ke jurus semula dengan mengandalkan Google Translate. Makanan yang dipesan mie putih seharga VND 60.000 untuk 2 porsi. Harga air mineral 1,5 ml di minimarket dekat stasiun bus Hoi An VND 8.800. Di sepanjang jalan, banyak pemandangan menarik mulai dari kedai kopi, restoran yang didesain unik serta rumah-rumah warga yang masih tradisional. Sembari jalan kaki, mampir untuk foto-foto dan minum kopi di Highland Coffee. Saking penasaran karena setiap melewati Highland Coffee tampak ramai pembeli. Tidak salah Highland Coffee dipenuhi wisatawan karena rasanya enak. Saya pun membeli 3 bungkus untuk oleh-oleh seharga VND 50.000 isi 20 sachet.

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An

Sesampainya di Hoi An City Town, suasana dipenuhi wisatawan dan di samping kanan kiri banyak ada toko yang menjual pernak pernik khas Vietnam dan restoran. Harga makanan di restoran Hoi An City Town lebih mahal dari tempat biasa. Mie daging babi dijual VND 60.000, nasi putih VND 20.000 per mangkuk dan air mineral VND 20.000 ukuran 500 ml. Selain foto-foto, kami pun menyewa sepeda keliling Hoi An City Town VND 50.000/jam.

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An

Bus terakhir dari terminal Hoi An ke Kota Da Nang pukul 6 sore. Kami kembali ke terminal berjalan kaki. Selama di perjalanan sempat membeli anggur hitam tanpa biji, setengah kilo seharga VND 50.000. Perjalanan ke Kota Da Nang lancar jaya tidak ada kemacetan. Kami diturunkan di dekat Pasar Cho Han, selanjutnya jalan kaki ke Pasar Son Tra yang merupakan pasar malam buka setiap Sabtu. Aneka jajanan dan makanan khas Vietnam dijual di pasar ini. Malam terakhir, kami makan malam berbaur dengan warga lokal menu Seafood rebus dilengkapi sayuran.

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An
Foto : Sontra Market.

Hari keempat (Minggu 20 Oktober 2019) setelah proses check out, pukul 10 pagi jalan kaki menelusuri Sungai Han sembari mampir di Highland Coffee. Dari tempat ini naik taksi warna hijau ke bandara. Seperti biasa saya tidak mau pakai argo. Saya tawar harga dari VND 100.000 deal VND 80.000. Supir taksi di sini mengenakan jas hitam, jadi terlihat lebih rapih. Pukul 15.45 dengan nomor penerbangan AK641 pesawat lepas landas menuju Kuala Lumpur. Transit di KLIA2 sampai pukul 21.50 waktu setempat. Akhirnya mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Senin 21 Oktober 2019 pukul 00.55 WITA.

Liburan : 4 Hari 3 Malam di Da nang Vietnam Jelajahi Ba Na Hills dan Hoi An
Foto : Terminal Keberangkatan Internasional, Da Nang Airport.

Selama di Kota Da Nang, sarapan onogiri yang dibeli di mini market dekat hotel seharga VND 25.000 sampai VND 30.000 tergantung isian dalamnya ada tuna, salmon, daging ayam dan sapi. Hal ini untuk menghemat waktu, bisa dimakan sambil jalan, praktis dan cocok di lidah. Selama di Da Nang sempat membeli jeruk VND 130.000/kilogram. Masih ada beberapa pengeluaran yang tidak disebutkan seperti oleh-oleh, camilan dan keperluan lainnya. Kami hanya memberikan bayangan harga. Namun total biaya perjalanan selama di Da Nang dan transit di Kuala Lumpur Rp 10.674.670 untuk 2 orang.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *