Taman Janggan Denpasar Jadi Ruang Bermain Ramah Anak Dievaluasi Tim PPPA

Taman Janggan Denpasar Jadi Ruang Bermain Ramah Anak Dievaluasi Tim PPPA

Buletin Dewata, Denpasar.

Setelah ditetapkan sebagai ruang bermain ramah anak (RBRA) pada tahun 2018 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Taman Janggan yang dikelola Pemerintah Kota Denpasar kembali dievaluasi Tim PPPA. Dipimpin Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Rohika Kurniadi, Tim langsung melakukan pemantauan lapangan.

Usai pemantauan, Rohika Kurniadi Sari menyatakan bahwa keberadaan Taman Janggan di Kota Denpasar layak untuk menjadi percontohan nasional. Penilaian ini dilihat dari terawatnya kondisi Taman dengan baik, bahkan pengawasan terus mampu ditingkatkan dengan melibatkan peranan semua perangkat daerah hingga ke tingkat desa.

“Taman ini layak menjadi role model nasional. Karena dalam menjaga keberadaan Taman Janggan, Pemerintah Kota Denpasar melibatkan semua pihak. Kolaborasi dengan melibatkan semua pihak ini biasanya sangat sulit dilakukan, karena dipangaruhi faktor kesibukan dan kepentingan. Namun kolaborasi yang baik telah ditunjukkan oleh Pemerintah Kota Denpasar,” katanya.

Sementara, Asana Muhammad Bascharul selaku tim audit RBRA Kementerian PPPA RI, mengatakan jumlah katagori yang dievaluasi hanya 101 katagori dari 191 katagori yang meliputi katagori pokok yang wajib dipenuhi sebagai tempat bermain anak, antara lain alat permainan tidak membahayakan anak-anak, ada pagar pembatas yang melindungi anak-anak saat bermain dan ada CCTV pengawas. “Posisi akreditasi RBA Taman Janggan yang telah diraih tahun 2018 ini perlu dievaluasi untuk terus memberikan kenyamanan pada anak-anak saat bermain,” ujarnya.

Kabid Pemenuhan Hak Anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2PAP2KB) Kota Denpasar, Tresna Yasa mengharapkan dengan adanya evaluasi ini akan mempercepat proses tercapainya kota layak anak dimana salah satu poin yang harus dipenuhi adalah tersedianya RBRA.(gst)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *