Wisata di Padang Ilalang Bukit Belong Klungkung, Cocok Bagi Pencinta Alam

Wisata di Padang Ilalang Bukit Belong Klungkung, Cocok Bagi Pencinta Alam

Buletin Dewata, Klungkung.

Berbagai destinasi wisata alam tersedia di Pulau Bali untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, salah satunya adalah Bukit Belong Gunaksa yang berada di Kabupatem Klungkung.

Bukit yang dikenal dengan hamparan padang ilalangnya ini menjadi salah satu spot camping atau wisata bagi masyarakat lokal ataupun wisatawan yang datang ke Pulau Dewata. Bukit Belong atau yang lebih dikenal dengan nama Bukit Gunaksa, sebenarnya adalah areal perbukitan yang terletak di Desa Gunaksa, Klungkung.

Bagi wisatawan yang sering melewati jalur Denpasar -Karangasem, tentunya sudah familiar dengan pemandangan Bukit Gunaksa ketika melewati jembatan Tukad Unda. Untuk menikmati pemandangan dari Bukit Belong ini, memang diperlukan sedikit perjuangan, karena wisatawan harus mendaki Bukit Belong.

Salah seorang pengunjung Bukit Belong yang datang bersama rekan kerjanya, Agung Seri beberapa waktu lalu mengaku  sudah beberapa kali datang ke destinasi ini. Selain menyukai aktivitas wisata alam, berwisata ke Bukit Belong juga bisa memberikan suasana wisata yang berbeda. “Karena menuju spot utamanya, kita harus sedikit berjuang mendaki bukit setinggi 500 meter,” ucap Seri.

Wisata di Padang Ilalang Bukit Belong Klungkung, Cocok Bagi Pencinta Alam

Jalur mendaki tidak terlalu berat, karena akses menuju bukit dari areal parkir tidak terlalu sulit. Bukit Belong di Gunaksa ini memang didominasi oleh hamparan padang ilalang yang tingginya sebatas pinggang dewasa pada sebuah perbukitan. Sejumlah pohon perindang juga terdapat menghiasi tempat ini sekaligus sebagai tempat berteduh dan bersantai.

“Mendaki Bukit Belong ini menyenangkan, karena ketika mendaki wisatawan akan melalui hamparan padang ilalang berwarna hijau. Namun wisatawan tidak perlu khawatir tersesat di hamparan padang ilalang ini. Hal ini karena pihak pengelola sudah menyediakan jalan setapak sebagai pemandu alami bagi wisatawan,” jelasnya.

Bukit Belong menghadap ke arah selatan, sehingga pengunjung dapat menyaksikan petak-petak sawah, perumahan penduduk dan juga hamparan laut biru dari kejauhan termasuk juga pegunungan di Pulau Nusa Penida. Sebelah Timur juga terdapat perbukitan hijau yang menyejukkan.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Bukit Belong ini antara lain, bersantai sambil menikmati segarnya udara pegunungan hingga berkemah. “Untuk berkemah, wisatawan harus membawa perlengkapan sendiri karena di lokasi ini tidak ada tempat penyewaan tenda dan penjual makanan,” terangnya.

Kata Seri, untuk menikmati kesejukan Bukit Belong, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp 5 ribu per orang sebagai retribusi. Selain itu, Bukit Belong memang sangat direkomendasikan untuk aktivitas fotografi, karena berada di ketinggian.(jos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *