Air Terjun Goa Giri Campuhan, Destinasi Wisata Baru di Tembuku Bangli 

1

Air Terjun Goa Giri Campuhan Destinasi Wisata Baru di Tembuku 

Buletin Dewata, Bangli.

Kabupaten Bangli, satu-satunya Kabupaten di Bali yang tidak memiliki wilayah pantai ataupun pesisir, namun demikian Bangli dengan iklim yang sejuk memiliki sejumlah tempat wisata alam yang mampu menarik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. Para pelaku pariwisata di Bangli pun semakin menata industri pariwisatanya. Bahkan pada awal Januari 2019 ini, objek wisata di kabupaten itu pun bertambah.

Sekretaris objek Air Terjun Goa Giri Campuhan, Dewa Ketut Alit Mahardika menyampaikan bahwa tepatnya di Tembuku, Bangli telah ada destinasi wisata baru yang bernama Goa Giri Campuhan. Namanya belum begitu populer, sehingga masih jarang dikunjungi wisatawan, tetapi bagi warga sekitar air terjun Goa Giri Campuhan sudah cukup dikenal. “Soft launchingnya Goa Giri Campuhan menjadi objek wisata pada Manis Kuningan awal Januari ini,” terangnya.

Menurut dia, Goa Giri Campuhan Waterfall adalah destinasi wisata baru di Tembuku yang mempunyai berbagai keunikan. Mahardika menyebutkan, keunikan pertama objek wisata tersebut adalah pada air terjunnya. Pasalnya untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melewati sebuah goa atau terowongan kuno peninggalan kolonial belanda dengan panjang sekitar 50 meter. Setelah melewati terowongan tersebut barulah anda di sambut dengan keindahan air terjun Giri Campuhan. “Keunikan pertama yakni cara menjangkau air terjun ini lewat goa,” sebut Mahardika.

Kemudian kata dia keunikan lainnya adalah mempunyai 3 air terjun yang indah. Selain air terjun, di tempat ini pun terdapat Campuhan yakni pertemuan dua sungai yang dipercaya sebagai salah satu tempat melukat/membersihkan diri yang berkhasiat. Di atas Campuhan ada lima buah pancoran yang dinamai Pancaka Tirta. Untuk itu, air terjun Giri Campuhan juga menjadi tujuan wisata rohani bagi umat Hindu.

Air Terjun Goa Giri Campuhan Destinasi Wisata Baru di Bangli 
Foto: sejumlah anak-anak tampak antusias bermain air di Goa Giri Campuhan.

“Pancoran ini yang dialirkan dari mata air Penestin, mata air yang dulu digunakan sebagai pelebur segala hal-hal buruk (mala, desti) dan aura negatif lainnya. Di dekat lokasi ini ada juga natural swimming pool dengan airnya yang bersih dan jernih,” tambahnya.

Air terjun Giri Campuhan memiliki ketinggian sekitar 25 meter, aliran air terjun ini mengalir lagi di bebatuan berundak, sehingga sekilas dari jauh terlihat seperti air terjun bertingkat,Alam sekitarnya tampak masih asri, pepohonan terlihat hijau di dasar lembah sungai, begitu juga sesekali terdengar kicauan burung di alam liar.

Air Terjun Goa Giri Campuhan Destinasi Wisata Baru di Tembuku Bangli 

Perjalanan ke objek wisata air terjun Giri Campuhan memang akan menjadi sebuah pengalaman menarik dengan medan yang tidak begitu sulit. Jarak dari kota Denpasar sekitar 38 km, menempuh waktu sekitar 60 menit, sedangkan dari kota Bangli berjarak sekitar 7 km ke arah jalan menuju Besakih. Untuk menuju ke air terjun Giri Campuhan ini parkirlah kendaraan anda di pura Masceti Subak Tembuku Kelod atau sebelah Timur lapangan Tembuku, dan dari sinilah petualangan anda akan dimulai dengan menyusuri jalan setapak sekitar 500 meter. Anda pun bisa memakai panduan peta dan lokasi yang sudah ditandai di google maps.

Sebelum memasuki kawasan Air Terjun Goa Giri Campuhan, pengunjung disuguhi pemandangan sawah yang indah dengan latarbelakang puncak Gunung Agung yang mempesona. Bagi para pecinta alam dan sekadar untuk mendapatkan ketenangan bisa mencoba destinasi alam ini. Terlebih jika merasa jenuh dengan hiruk pikuk keramaian kota, maka tempat ini akan sangat cocok dikunjungi.(blt)

1 KOMENTAR

  1. Mantap, saya pribadi pernah kesana, aura positive terasa memasuki goa,,lalu mandi di campuhan, dan terakhir mandi di air terjun,, sakit pilek yg kami derita waktu,, langsung hilang, setelah me cor-cor di air terjun,, suksme

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here