Liburan : Mudahnya Perjalanan Dua Negara Singapore-Malaysia Jalur Darat

0
Mudahnya Perjalanan Dua Negara Singapore-Malaysia Jalur Darat
Foto : Obyek wisata Batu Cave di Malaysia.

Buletin Dewata, Denpasar.

Setiap orang pastinya menginginkan liburan, yang tidak hanya dilakukan di dalam negeri juga ke luar negeri. Kenapa tidak mencoba melakukan perjalanan atau traveling sekaligus ke dua negara tetangga yaitu Singapore dan Malaysia. Perjalanan ke dua negara itu tidak sulit untuk pola wisata mandiri alias tanpa jasa travel agent. Pasalnya akses transportasi di dua negara ini cukup mudah diantaranya melalui beberapa cara yakni perjalanan darat dengan bus atau kereta dan pesawat (udara).

Salah seorang pelancong, Eka Ayu yang telah mencoba perjalanan dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Singapore menggunakan bus mengatakan bahwa perjalanan wisata ke dua negara tersebut cukup menyenangkan karena mudah dan hemat biaya. “Saat itu Mei 2016 saya melakukan wisata dari Malaysia ke Singapore hanya berdua tanpa bantuan travel agent. Saya awalnya baca dari beberapa referensi jika perjalanan dua negara ini sangat mudah,” katanya beberapa waktu lalu.

Dia menuturkan, ternyata setelah dibuktikan memang benar adanya dan tidak rumit. Tipsnya cukup membaca berbagai referensi di internet, membeli tiket pesawat via booking online begitu juga dengan hotel, pelajari peta menuju obyek wisata yang akan dikunjungi, siapkan sejumlah mata uang Ringgit Malaysia (RM) dan Dolar Singapore (SGD), kartu kredit jika ada, bawa buku panduan tentang obyek-obyek wisata menarik, pakaian secukupnya dan selalu berpikir positif serta jaga stamina badan.

Ketika itu dikatakan Eka perjalanan dua negara dilakukan selama 5 hari 4 malam. Dengan biaya yang dikeluarkan kurang dari Rp 4 juta per orang sudah termasuk tiket pesawat pulang pergi (PP) Denpasar- Kuala Lumpur, bus PP Kuala Lumpur-Singapore, hotel 4 malam, makan & minum, transportasi menuju tempat wisata dan oleh-oleh.

Perjalanan Dua Negara Singapore-Malaysia
Foto : Halte bus hop on hop off.

Dia menuturkan pada hari pertama setelah tiba di Kuala Lumpur dari Bandara KLIA2 menuju KL Sentral menggunakan bus. Setelah itu langsung ke Petaling Street (China Town) karena hotel yang dipesan berada di kawasan tersebut. Kemudian naik bus gratis keliling Kuala Lumpur seperti kawasan Bukit Bintang, Twin Tower, Little India serta makan malam di Alor. Lanjut hari kedua mengelilingi obyek wisata di Kuala Lumpur dengan bus KL Hop On Hop Off (69 RM tarif tiket bus) naik dari Bukit Bintang menuju ke berbagai obyek wisata diantaranya KL Tower, Istana Negara dan lainnya.

Mudahnya Perjalanan Dua Negara Singapore-Malaysia Jalur Darat
Foto : Obyek wisata Malaka di Malaysia.

Kemudian hari ketiga dengan menggunakan bus ke Kota Melaka perjalanan ditempuh sekitar 2 jam. Setelah keliling beberapa jam di Kota Melaka, perjalanan dilanjutkan ke Singapore. Harga tiket bus tidak begitu mahal sekitar 50 RM atau sekitar Rp 160 ribu. “Perjalanan kami tempuh sekitar 4 jam dari Melaka hingga sampai di Singapore. Busnya pun sangat nyaman dan bersih,” katanya.

Mudahnya Perjalanan Dua Negara Singapore-Malaysia
Foto : Perjalanan Malaka – Singapore via jalur darat dengan bus.

Selanjutnya, proses keluar imigrasi Malaysia di Johor Bahru berjalan lancar begitu pula di imigrasi Singapore. Tiba di Singapore perjalanan dilanjutkan menuju China Town, Bugis Junction dan Litte India. “Tapi ini bukan perjalanan pertama saya mengunjungi Singapore. Sebelumnya sudah pernah namun melalui jalur udara dari Denpasar,” kenangnya.

bugis singapore
Foto : Kawasan Bugis street di Singapore.

Keesokan paginya (hari kedua di Singapore) langsung menuju Johor Bahru menggunakan bus untuk mengunjungi Legoland. “Setelah itu lanjut ke Kuala Lumpur (KL). Dari Johor Bahru ke KL diperjalanan selama 6 jam dengan menggunakan bus,” lanjut Eka.

Perjalanan Singapore-Malaysia
Foto : Menggunakan KTM (kereta listrik) dari KL Sentral station menuju Batu Cave.

Kemudian hari terakhir di KL sebelum kembali ke Denpasar, Bali, dia pun sempat mengunjungi Batu Cave salah satu obyek wisata unggulan di KL dengan menggunakan KTM dari KL Sentral. “Setelah itu menuju Bandara KLIA2 dengan bus,” tutupnya. (blt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here