Liburan : Jalan-jalan di Singapore 4 Hari 3 Malam Hanya Rp 3,5 Juta

0
Liburan : Jalan-jalan di Singapore 4 Hari 3 Malam Hanya Rp 3,5 Juta
Foto : Merlion Park, Singapore.

Buletin Dewata, Denpasar.

Guna memenuhi kebutuhan wisata untuk menyegarkan pikiran, bisa dilakukan dengan bepergian ke luar negeri. Namun sebagian orang beranggapan bahwa traveling ke luar negeri itu mahal, perlu uang yang banyak. Sejumlah traveler menampik anggapan itu. Sebab, mereka biasanya berwisata di luar negeri menghabiskan biaya yang tidak begitu besar. Contohnya, jika liburan di Singapore yaitu salah satu negara di Asia Tenggara yang terkenal mahal dan maju ini para pelancong bisa menghemat biaya perjalanan.

Salah seorang traveler/pelancong, Nyoman Hendra mengatakan, ada beberapa pola perjalanan wisata diantaranya menggunakan jasa travel agent dan perjalanan mandiri (tanpa menggunakan jasa travel agent). Biasanya pola traveler mandiri ini dilakukan dengan mengandalkan booking online dan setiap perjalanannya mengunjungi destinasi menggunakan smartphone untuk membantu menemukan lokasi.

Saat ini banyak pelancong dari berbagai negara melakukan tren perjalanan mandiri karena di setiap destinasi telah dilengkapi kemudahan mengakses internet. Dia pun menceritakan perjalanannya selama 4 hari 3 malam bersama istrinya di Negeri Singa Putih yang hanya menghabiskan total dana Rp 7 jutaan sudah termasuk tiket pesawat, akomodasi, transportasi, makan & minum, oleh-oleh dan biaya lainnya selama liburan di Singapore.

Tipe perjalanan saat di Singapore kata dia mengambil pola mandiri hanya membawa tas rangsel/backpacker. Ketika itu harga tiket pesawat Denpasar-Singapore dengan menggunakan maskapai Low Cost Carrier (LCC) AirAsia Rp 1,5 juta pergi pulang (PP) per orang. Tiket yang dibeli satu bulan sebelum keberangkatan. “Kadang ada yang bisa dapat tiket promo Denpasar-Singapore dibawah Rp 1,5 juta. Tergantung rajin-rajin pantau website maskapai itu untuk dapat harga promo,” kata Nyoman.

Kemudian, lanjut memesan tempat menginap yaitu hostel disitus pesan online booking.com supaya dapat harga yang lebih murah karena hotel di Singapore rata-rata cukup mahal berkisar Rp 800 ribuan untuk hotel bintang 3 per malam tanpa sarapan. Sehingga, dirinya memilih menginap di hostel di kawasan Little India letaknya di Serangoon Road. “Hostel adalah akomodasi yang ramah untuk pelancong yang ingin menekan biaya perjalanan. Hostel ini dalam satu kamar berisi 4-10 bed, bahkan lebih. Setiap orang menempati satu bed. Harga yang dihitung pun satu bed per orang/malam,” jelasnya.

Harga per bed/orang/per malam yang ditempatinya itu Rp 200 ribu. Untungnya hostel tersebut menyediakan sarapan, sehingga lumayan menghemat biaya makan pagi. Jadi total biaya hostel selama 4 hari 3 malam untuk dua orang Rp 1,2 juta. Saat tiba di Bandara Changi, pihaknya langsung mengambil peta petunjuk jalan ke obyek-obyek wisata di Singapore dan peta transportasi kereta bawah tanah (MRT).

Jalan-jalan di Singapore 4 Hari 3 Malam Hanya Rp 3,5 Juta
Foto : Singapore Tourism Pas (STP).

Agar biaya transportasi lebih murah, dia menyarakan untuk menggunakan kartu Singapore Tourism Pass (STP) semacam kartu uang elektronik yang berlaku dari 1-3 hari. STP ini sangat memudahkan pelancong saat liburan di Singapore karena bisa untuk membayar bus dan MRT yang bisa digunakan sepuasnya tanpa harus top up. Selain mudah digunakan saat pembayaran bus dan MRT, keuntungan lainnya yaitu biaya transportasi akan menjadi lebih murah jika sering berpindah-pindah tempat. “Waktu itu saya beli STP untuk 3 hari. Seharga 30 Dolar Singapore (SGD). Saat pulang kartu STP ini saya kembalikan kemudian dapat refund 10 SGD. STP dapat dibeli di Bandara Changi di stasiun MRT,” sebut Nyoman.

Selama 4 hari dia mengunjungi sejumlah tempat wisata seperti Taman Marlion, Gardens By The Bay, Pulau Sentosa, Pulau Ubin, Marina Bay Sands, Universal Studio, Orchad Road, Singapore Botanic Gardens, Little India, Chinatown, Bugis, Situs Pendaratan Rafles, Esplanade, Jurong dan sejumlah mall serta tempat wisata lainnya.

Liburan di Singapore 4 Hari 3 Malam Hanya Rp 3,5 Juta
Foto : Garden by The Bay, Singapore.

Sementara untuk air mineral harganya cukup mahal berkisar 1,5 SGD ukuran tanggung. Saat itu dia pun sangat jarang membeli air minum. Dia membawa bekal air minum dari hostel jika habis selama jalan-jalan biasanya mengambil air di tempat air minum yang telah disediakan. Sedangkan untuk makanan, harganya pun bervariasi mulai 4 SGD tergantung jenis makanan. “Untuk dapat aneka pilihan makanan berat dan lebih murah bisa belanja di food court biasanya didekat stasiun dan tempat makan karyawan seperti di food court mall-mall,” tutupnya.

Sementara itu traveler lainnya Vera Christina juga menyatakan hal senada bahwa liburan mandiri di luar negeri tidak mahal. “Karena kita bisa memilih sendiri akomodasi, obyek wisata, makanan dan transportasi yang kita inginkan tanpa harus mengeluarkan bujet yang memberatkan,” katanya.

Sejumlah negara telah disambangi tanpa menggunakan jasa biro perjalanan wisata seperti Singapore, Kuala Lumpur, Tokyo. “Perlu berbagai persiapan untuk melakukan perjalanan wisata mandiri. Diantaranya membuat itinerary yang jelas agar tidak membuang-buang waktu, kondisi tubuh yang fit, siapkan uang seperlunya dan bawa kartu kredit bahkan yang terpenting adalah persiapan mental,” tutur Vera.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here