SUSURI KOTA TUA JALAN GAJAH MADA, WISMAN SAMBIL SERUPUT KOPI

Buletindewata.com, Denpasar.

Bagi wisatawan pecinta sejarah, tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri saat menyusuri kota-kota tua di destinasi wisata yang dikunjungi. Seperti terlihat di kota tua Denpasar di seputaran Jalan Gajah Mada tidak sedikit wisatawan mancanegara (wisman) baik dari Eropa, Amerika dan Asia berjalan kaki menikmati padatnya lalu lintas di kawasan itu.

Wisatawan yang berjalan di kota tua dimanjakan dengan pemandangan bangunan-bangunan tua yang masih dihuni dan dijadikan lahan bisnis oleh pemiliknya. Disepanjang jalan terdapat sejumlah kegiatan usaha seperti toko yang menjual pakaian adat Bali, obat herbal, kedai kopi dan jenis usaha lainnya. Biasanya perjalanan wisatawan dimulai dari berbelanja di Pasar Seni Kumbasari yang berada di kawasan kota tua dilanjutkan jalan kaki menyusuri bangunan-bangunan tua dan menuju Museum Bali, Pura Jagatnatha dan Monumen Puputan Badung.

Selama perjalanan jika wisatawan merasa lelah berjalan kaki, mereka kerap mampir di kedai kopi yang berada di sepanjang Jalan Gajah Mada Denpasar. Kedai kopi ini pun memberi ruang untuk para wisatawan yang ingin menikmati kopi Bali jenis robusta. Owner kedai kopi, Wirawan Tjahjadi menyatakan jika wisman tidak hanya membeli kopi untuk diminum di tempat juga untuk sovenir dibawa negara asalnya.

“Kopi yang langsung diminum di sini jenis robusta. Tetapi khusus untuk wisman yang mampir di sini saat berjalan di sepanjang Jalan Gajah Mada biasanya membeli jenis arabika dan teh yang telah dikemas untuk oleh-oleh saat kembali ke asalnya,” jelas Wirawan kemarin di Denpasar.

Selain kopi dan teh, coklat yang telah dikemas pun digemari wisman sebagai buah tangan dari Bali untuk keluarga dan sahabat di negaranya. “Saat berwisata di Bali, kopi, teh dan coklat selalu dijadikan oleh-oleh karena paling gampang bawanya dan juga untuk hadiah sebab harganya enggak mahal. Biasanya wisatawan beli kopi arabika di sini bisa sampe jutaan rupiah untuk bingkisan ke negaranya,” sebutnya.(bude)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *