HANYA Rp.20 RIBU WISATAWAN LOKAL PUAS NIKMATI MANDI AIR PANAS

Buletindewata.com, Tabanan.

Meski dikelola oleh masyarakat setempat, pemandian air panas di Desa Penatahan, Kecamatan Penebel-Tabanan ini tidak jarang dikunjungi wisatawan asing. Dalam sehari, destinasi yang menawarkan wisata alam air panas ini didatangi sejumlah wisatawan lokal dan asing.

Pengunjung yang ingin melakukan aktivitas berendam air panas dikenakan tarif Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu per orang/jam. Pemandian air panas yang terletak di tengah-tengah pemukiman penduduk ini memberikan beberapa pilihan kepada pengunjung. Diantaranya, pemandian tertutup dilengkapi shower bilas sedangkan pemandian bilik-bilik terbuka kecil, tanpa shower bilas. Masing-masing fasilitas tersebut dikenakan tarif berbeda.

Menurut penuturan penjaga pemandian air panas Penatahan, Komang Sukraning biaya yang dikenakan dihitung per orang. Pengunjung disediakan 4 tempat pemandian tertutup dilengkapi shower bilas dan 5 pemandian bilik kecil terbuka. “Biasanya pengunjung lebih banyak mandi di pemandian tertutup karena lebih privasi dan ada shower bilas air dingin,” ucapnya di pemandian setempat.

Dikatakan Sukraning jika hari-hari biasa jumlah pengunjung berkisar belasan orang. Rata-rata pendapatan yang berhasil dikumpulkan hanya Rp 300 ribu/hari. Sedangkan jika hari libur nasional dan Minggu, pengunjung meningkat drastis dengan pendapatan Rp 1 juta/hari. “Untuk anak-anak dikenakan tarif setengah harga. Sedangkan dewasa yang menggunakan pemandian tertutup dikenakan tarif Rp 20 ribu per orang per jam. Jika memilih bilik kecil terbuka per orang per jam Rp 10 ribu,” jelas Sukraning.

Pemandian air panas yang dibuka untuk umum sejak 15 tahun lalu ini memberlakukan tarif khusus untuk wisatawan asing. “Tarif untuk turis asing per jam/orang Rp 50 ribu. Dalam sehari ada saja bule (wisatawan asing) yang mandi di sini. Biasanya datang didampingi guide. Kemarin saja ada 4 orang bule mandi di sini,” terangnya.(buleta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *