AKTIVITAS WISATA AGRO DI ULUWATU BALI

IMG_20170208_142150

Buletindewata.com, Badung.

Wisatawan yang berada di kawasan Badung selatan disuguhkan tambahan aktivitas wisata yaitu wisata agro. Di sepanjang Jalan Raya Uluwatu, Jimbaran, Badung saat ini terdapat sekitar 5 spot wisata agro. Owner Abian Subak Agrotourism, Krishna Vanditha menjelaskan wisata agro ini sebagai tempat untuk memperkenalkan cara pengolahan kopi secara tradisional kepada wisatawan yang datang ke Bali.

“Saat ini kopi luwak masih menjadi salah satu daya tarik pariwisata di Bali. Untuk itu kami ingin memperkenalkan kepada wisatawan, bagaimana proses pengolahan kopi luwak yang kami jual secara tradisional,” ucapnya, di agro setempat, Badung.

Saat mengikuti aktivitas wisata agro,
wisatawan akan diajak berkeliling kebun untuk melihat-lihat berbagai jenis tanaman seperti kopi, buah markisa, pisang dan beberapa jenis tanaman rempah lainnya. Disamping itu, wisatawan juga diperkenalkan bagaimana cara merawat pohon kopi hingga mampu menghasilkan buah.

Dia menyebutkan, wisatawan juga secara langsung melihat proses penjemuran kopi yang dilakukan secara manual dengan bantuan sinar matahari. “Wisatawan akan diajak ke dapur produksi, yang bertujuan untuk memperkenalkan proses pengolahan kopi secara tradisional, lengkap dengan proses menyangrai kopi di atas tungku api dan proses penumbukan kopi dengan alu dan lesung,” jelas Krishna.

Selain dimanjakan dengan hamparan tanaman, wisatawan juga dapat menikmati suasana pedesaan. “Staff juga memakai pakaian adat madya, supaya wisatawan bisa melihat jika pakaian adat madya tidak saja bisa digunakan dalam kegiatan adat dan agama saja,” katanya.(buleta)

Satu tanggapan untuk “AKTIVITAS WISATA AGRO DI ULUWATU BALI

  • 26 November 2017 pada 16:15
    Permalink

    Sangat luar biasa idenya, memang kopi Indonesia harus maju harus bisa bersaing dengan kopi luar, maju terus petani indonesia

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *