Peduli Lingkungan, ITDC Gelar Beach Clean Up di Kawasan Pantai The Nusa Dua

Peduli Lingkungan, ITDC Gelar Beach Clean Up di Kawasan Pantai The Nusa Dua
Foto : ITDC gelar Beach Clean Up di sepanjang pantai kawasan wisata The Nusa Dua, Jumat (29/3).

Buletin Dewata, Badung.

Memperingati Earth Hour 2019 yang jatuh pada 30 Maret, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai BUMN pengembang dan pengelola kawasan Pariwisata The Nusa Dua menggelar aksi Beach Clean Up dengan bersih-bersih sampah non organik dan penanaman pohon di sepanjang pantai kawasan The Nusa Dua, Badung, Jumat (29/3).

Managing Director The Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita mengatakan, upaya untuk membersihkan sampah plastik dan jenis lainnya di kawasan yang menjadi venue/tempat melakukan kegiatan wisata tersebut dilaksanakan secara rutin.

“Mulai dari kawasan pariwisata (the Nusa Dua) kami menyiapkan program-program lingkungan disamping juga memang sudah ada arahan dari Gubernur Bali dan Kabupaten Badung untuk mengurangi sampah plastik,” katanya.

Pihaknya mengaku telah bekerjasama dengan seluruh tenant baik restoran dan hotel untuk melakukan langkah/kegiatan ini secara berkelanjutan yang dikoordinir oleh pengelola kawasan/ITDC Nusa Dua.

“LSM dari Trash Hero Indonesia, WWF, Earth Hour Indonesia juga bergabung di kegiatan ini melakukan aksi bersih-bersih di sepanjang Pantai The Nusa Dua dan penanaman 60 pohon camplung. Sementara yang dibersihkan adalah sampah-sampah non organik,” terangnya.

Peduli Lingkungan, ITDC Gelar Beach Clean Up di Kawasan Pantai The Nusa Dua

Wayan Aksara, Ketua Trash Hero Indonesia menyebutkan di Bali partisipasi berbagai pihak baik masyarakat dan anak-anak sekolah terkait kepedulian terhadap lingkungan ini cukup tinggi.

“Kami selain membersihkan juga mengedukasi, dengan semangat yang sama akan menimbulkan perubahan. Memang perlu waktu. Mari kita bersama-sama menjaga Nusa Dua ini menjadi pantai percontohan tidak ada sampah,” ajaknya.

Dari hasil bersih-bersih yang dimulai dari Pantai Samuh hingga leher Pulau Peninsula, sebanyak 175 kilogram sampah non organik terdiri dari botol minuman plastik sekali pakai, besi, puntung rokok dan lainnya berhasil dikumpulkan. Nantinya sampah-sampah tersebut akan diolah di tempat pengolahan sampah milik ITDC Nusa Dua.

Berkaitan dengan keberlangsungan lingkungan di kawasan pariwisata yang setiap hari didatangi oleh ribuan turis asing dan domestik ini, pihak ITDC menghimbau para pengunjung kawasan pariwisata The Nusa Dua untuk ikut membantu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.(wid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *