PD FSP-PAR SPSI Bali Gelar Aksi Donor Darah Peringati Puputan Margarana

0
PD FSP-PAR SPSI Bali Gelar Aksi Donor Darah Peringati Puputan Margarana
Foto : Aksi donor darah PD FSP-PAR SPSI Bali, Jumat (16/11).

Buletin Dewata, Denpasar.

Menyambut serangkaian Hari Pahlawan, HUT Mangupura ke-XI dan Hari Puputan Margarana 20 Nopember tahun ini, Pengurus Daerah Federasi Serikat Pekerja Pariwisata Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PD FSP-PAR SPSI) Bali menggelar kegiatan sosial donor di Kantor Sekretariat di Jalan Gurita, Sesetan, Denpasar, Jumat (16/11). Kegiatan ini melibatkan para anggota dan pengurus FSP-PAR SPSI di Bali.

Ditemui di sela – sela aksi sosial donor darah, Wayan Tangun Setiarien selaku Wakil Sekretaris Bidang SABO (Sosial, Agama, Budaya dan Olah Raga) PD FSP-PAR SPSI Bali mengucapkan terima kasih atas partisipasi aktif para anggota yang suka rela menyumbangkan darahnya untuk sesama yang membutuhkan. Kegiatan yang juga bertujuan untuk memperkuat solidaritas kerjasama antar pekerja pariwisata Bali ini diupayakan mampu dilaksanakan secara rutin kedepan. “Kepada peserta yang telah berhasil mendonorkan darahnya, kami selaku pengurus mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya. Hendaknya kegiatan ini bisa dilaksanakan secara kontinue kedepannya. Bagi peserta lain yang kemungkinan karena sesuatu dan lain hal tidak berkesempatan hadir hari ini, mungkin di event berikutnya bisa ikut bergabung,” ujarnya.

Wayan Tangun berharap kedepan akan akan semakin banyak organisasi lainnya turut melakukan aksi serupa untuk kepentingan sosial kemanusiaan. “Kami dari serikat pekerja menghimbau kepada organisasi lain hendaknya turut mengalakan aksi sosial kemanusiaan di organisasinya masing-masing, karena sudah pasti secara kegunaannya ini untuk kepentingan kemanusiaan. Donor darah ini bisa dilakukan organisasi lainnya seperti sehingga cadangang darah di PMI dapat di penuhi jumlahnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi Pengurus Cabang, PC FSP-PAR Kabupaten Badung, I Gusti Ayu Ketut Budiasih mengatakan pada prinsipnya pihaknya akan selalu mendukung segala kegiatan yang diadakan PD FSP-PAR SPSI Bali. Dikatakan melalui kegiatan sosial donor darah maka secara tidak langsung dapat membantu kebutuhan darah ke sesama pekerja di seluruh Bali. “Harapan kami dengan melakukan donor darah yang dilakukan PD FSP-PAR Bali, kami dari PC FSP-PAR Badung bisa membantu semua pekerja di Badung walaupun itu bukan dari FSP-PAR saja tetapi kita juga membantu sesama pekerja di seluruh Bali. Kami atas nama PC FSP-PAR Badung mengucapkan terima kasih kepada anggota yang sudah meluangkan waktu, tenaganya untuk datang ke kantor PD FSP-PAR BALI untuk bisa membantu kesetiakawanan pekerja,” ungkapnya.

Ni Made Dwi Wahyuni selaku bagian pelayanan umum unit trafusi darah PMI Kabupaten Tabanan menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan dalam tugas pengambilan darah. Bersama 9 orang tenaga medis, ia pun sangat mengapresiasi peran serta aktif para anggota FSP-PAR Bali mengikuti donor darah. “Disini kami unit transfusi darah PMI Kabupaten Tabanan mengucapkan terima kasih atas keterlibatan FSP-PAR Bali untuk donor darahnya. Ya, kedepannya biar lebih dibantulah kabupaten untuk lebih lanjut diberikan kesempatan untuk pengambilan donor darah lagi,” tuturnya.

Sebagai wadah organisasi pekerja pariwisata, FSP-PAR Bali telah secara rutin melaksanakan kegiatan donor darah sejak tahun 2003 lalu. Sumbangan darah yang diberikan anggota FSP-PAR Bali telah mencapai lebih dari 4 ribu kantong darah. Diikuti sebanyak 122 orang, donor darah FSP-PAR Bali ke-57 berhasil mengumpulkan sebanyak 128 kantong darah yang terdiri dari 26 golongan darah A, 35 golongan darah B, 61 golongan darah O dan 6 golongan darah AB.  Pada kegiatan donor darah tersebut 10 dari jumlah peserta dinyatakan tidak bisa mendonorkan darahnya karena kondisi medis terkendala tensi darah.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here