Peran Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (FTJSP) Badung Dalam Pembangunan Berkelanjutan

0
Peran Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (FTJSP) Badung Dalam Pembangunan Berkelanjutan
Foto : Pengurus Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (FTJSP) Kabupaten Badung.

Buletin Dewata, Badung.

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan tanggungjawab pengusaha terhadap kondisi sosial dan lingkungan yang dilaksanakan secara berkelanjutan. Meskipun banyak pengusaha yang secara individu dan parsial sudah melaksanakan CSR nya, namun lebih banyak pengusaha yang belum melaksanakannya sebagai kewajiban perusahaan. Menindaklanjuti hal tersebut Pemerintah Kabupaten Badung melalui PHRI Badung, membentuk Forum Tanggung Jawab Sosial Parusahaan (FTJSP) Kabupaten Badung.

Forum FTJPS ini dibentuk secara mandiri, berdasarkan keputusan bersama dalam rapat para perwakilan asosiasi pengusaha di Badung pada tanggal 12 April 2018 bertempat di Ruang Pertemuan Kertha Gosana, kantor Bupati Badung, disaksikan Sekda Badung dan Assisten II bidang ekonomi.

Melalui rapat tersebut telah ditetapkan susunan kepengurusan FTJSP Kabupaten Badung meliputi Dewan Penasehat, Dewan Pengawas dan Dewan Kebijakan yang terdiri dari para wakil asosiasi perusahaan. Sebagai Ketua Pengurus Harian FTJSP Badung adalah Wayan Gede Suarsa, Koordinator Lapangan Ketut Wiranata dan Ida Ayu Eka Pertiwi Sari sebagai Koordinator Humas dan Partisipan (anggota) terdaftar FTJSP, serta ditunjang oleh staf sekretariat bersama di Kadin Badung.

Sebagai wujud legalitas FTJSP Kabupaten Badung maka pada tanggal 17 September 2018, Bupati Badung. Nyoman Giri Prasta telah ditandatangani kesepakatan kerjasama dengan forum CSR Pemda Badung. Kesepakatan tersebut, iintinya berisi tentang komitmen bersama untuk mempersempit kesenjangan status sosial ekonomi, bekerjasama dan berkoordinasi untuk pembangunan Badung yang harmonis dan berkelanjutan.

Bagi perusahaan yang akan melaksanakan kewajiban CSR nya secara mandiri, maka dapat memilih kemana tanggung jawab sosialnya akan disalurkan. Mereka pun diminta mengirimkan news release-nya kepada Forum.

Pembangunan Kepariwisataan Budaya Bali merupakan pembangunan yang berkelanjutan, yang dikondisikan sejak ratusan tahun lalu, mulai dari membangun kebiasaan manusianya, karakter dan budaya yang dikenal dunia sampai saat ini. Oleh sebab itu pembangunan keberlanjutan ini harus disikapi secara proaktif oleh semua pihak termasuk para pengusaha dan masyarakat.

Demi menjalankan programnya dengan baik, Forum FTJPS meminta semua perusahaan di Badung bisa mengirimkan rencana tahunan pelaksanaan CSR nya untuk segera dikoordinasikan dengan lebih maksimal.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here