Green Books Luncurkan Eco Education Ajak Anak-Anak Untuk Go Green

4
Green Books Luncurkan Eco Education Ajak Anak-Anak Untuk Go Green
Foto : Program Eco-Education dari Green-Books memberi pendidikan lingkungan gratis bagi anak-anak. 

Buletin Dewata

Green-Books sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada pendidikan tentang pelestarian lingkungan alam, baru saja meluncurkan kampanye terbaru di Bali yang berjudul “Ajukan Eco-Education”, Kamis 4 Oktober 2018. Melalui program Eco-Education, Green-books berupaya meningkatkan kesadaran lingkungan di Indonesia dengan mengembangkan pendidikan lingkungan gratis bagi anak-anak.

Green-Books pun mengundang para guru dan aktivis alam yang tertarik untuk bekerja sama mendidik anak-anak Indonesia tentang pelestarian lingkungan alam (Eco-Education). Masyarakat yang terlibat sebagai koordinator program Eco-Education akan mendapatkan insentif yang akan membantu mereka menjalankan gaya hidup yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.Insentif yang diperoleh berupa filter air minum, botol minum pakai ulang, tas pakai ulang unik, dan kesempatan untuk mengikuti Green Educator Course di Bali.

“Yang paling saya suka dari program ini adalah disediakannya panduan yang mudah dipahami untuk membawakan permainan untuk anak-anak. Buku-buku bertema lingkungan diberikan gratis. Semua mudah dipahami dan asyik untuk dibaca anak-anak. Koordinatornya juga dapat reward,” terang Wiwik Subandiah, salah seorang koordinator program Eco-Education.

Sementara itu, Agustina, Manajer Program Green-Books.org. mengatakan para koordinator lokal hanya perlu melaksanakannya secara berkala. “Mereka hanya perlu menceritakan pengalamannya di forum Facebook kami. Semua orang bisa melakukannya.Selain buku-buku bacaan, kami juga menyediakan panduan permainan anak-anak dalam Bahasa Indonesia untuk digunakan oleh koordinator lokal,” ungkapnya.

Green-Books.org telah memfasilitasi pelaksanaan program Eco-Education di lebih dari 100 komunitas di Indonesia dan diharapkan jumlah ini akan terus berkembang. Guna mewujudkan visi tersebut, dibutuhkan lebih banyak lagi koordinator lokal yang bersedia bermain bersama anak-anak dan mendapatkan manfaat dari program ini.

Tujuan jangka panjang dari program Eco-Education adalah menginspirasi anak-anak untuk hidup berkelanjutan dan selaras alam. Anak-anak hanyalah bagian kecil dari populasi dunia, tetapi mereka adalah 100 persen penerus di masa depan. Inilah alasan mengapa pendidikan lingkungan bagi anak-anak berperan sangat penting bagi kehidupan di Bumi di masa depan.(rls)

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here