IHGMA Bali Gelar Aksi Peduli dan Bhakti Sosial 2018
Foto : Komponen pariwisata Bali yang tergabung dalam PHRI) Badung, IHGMA Bali dan BVA) melaksanakan kegiatan kemanusiaan ke Posko pengungsian Gunung di desa Duda Timur, Karangasem, Minggu, (8/7).

Buletin Dewata, Karangasem.

Malang tak dapat ditolak untung tak dapat diraih demikian peribahasa yang pas untuk para pengungsi dampak erupsi Gunung Agung. Dampak erupsi Gunung Agung yang terjadi belakangan ini merupakan suatu hal yang memberikan penuh makna bagi masyarakat Bali umumnya dan industri pariwisata pada khususnya. Suatu bencana alam yang tidak bisa diprediksi dan ditolak seperti ini memberikan pelajaran sangat berharga bagi setiap insan agar semakin waspada, semakin memperhatikan alam, peduli terhadap sesama serta selalu mensyukuri berkah dan rahmat dari-Nya. Tindakan representative dan strategis telah disiapkan dengan matang dan diimplementasikan oleh seluruh stakeholders / komponen baik pemerintah, swasta serta masyarakat.

Komponen pariwisata Bali yang tergabung dalam Persatuan Hotel dan Restauran Indonesia (BPC PHRI) Badung, Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA Bali) dan Bali Villa Association (BVA) melaksanakan kegiatan kemanusiaan dengan mengunjungi dan mengirimkan bantuan ke tempat penampungan sementara bagi masyarakat sekitar Gunung Agung yang terkena dampak bencana secara langsung yaitu di area Kawasan Rawan Bencana (KRB). Kunjungan pada Minggu, 8 Juli 2018 di desa Duda Timur, Selat merupakan yang kesekian kalinya sebagai lanjutan daru kunjungan sebelumnya ke lokasi pengungsian lainnya di Tanah Ampo, Lapangan Swecapura, Desa Menanga.

Sekitar 50 orang relawan dikerahkan untuk memberikan bantuan di tempat penampungan sementara, termasuk layanan kesehatan gratis ditambah bantuan berupa bahan makanan, minuman, perlengkapan mandi, selimut dan uang tunai. Donasi diterima langsung oleh koordinator lapangan dan selanjutnya akan disalurkan kepada warga pengungsi. Bantuan yang diberikan merupakan sumbangsih anggota IHGMA Bali Chapter Serta IHGMA Seluruh Indonesia, Fun & Friendship Gathering ( FFG), BPC PHRI Badung serta Bali Villa Association.

Ketua DPD IHGMA Bali, I Nyoman Astama mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk komitmen pihaknya dari stakeholder kepariwisataan untuk saling membantu dan peduli secara totalitas kepada masyarakat Bali, khususnya warga Karangasem.“Ini wujud nyata Kepedulian IHGMA Bali terhadap saudara-saudara di Karangasem yang terdampak pada kawasan rawan bencana. Sangat penting memberikan semangat bahwa mereka tidak sendiri dalam menghadapi situasi tersebut agar terjaga rasa percaya diri, aman dan nyaman. Juga penting bekerja sama dan langsung memberi bantuan kepada relawan yang tepat yang mengetahui secara langsung dan nyata dampak erupsi sehingga bantuan yang disalurkan sampai pada yang benar-benar membutuhkan,” ujarnya.

Ketua BPC PHRI Badung Yang Juga Ketua BPPD Badung, I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya didampingi Executive Director BPC PHRI Badung, Jro Mangku Made Sulasajaya serta tim menyerahkan bantuan secara langsung kepada posko induk pasebaya tanggap bencana Gunung Agung baik dalam bentuk barang kebutuhan para pengungsi serta uang tunai yang diterima langsung Ketua Umum Pasebaya tanggap bencana Gunung Agung, I Gede Pawana serta jajaran relawan.

Ketua Umum Pasebaya, I Gede Pawana mengucapkan terima kasih atas sumbangan serta bantuan yang diberikan BPC PHRI Badung, IHGMA, FFG dan BVA. Kedepan mengaharapkan terjadi jalinan komunikasi yang lebih intens dengan posko induk Pasebaya Gunung Agung untuk memberikan informasi yang valid sehingga tidak menimbulkan keresahan baik kepada masyarakat Bali secara umum maupun para wisatawan. Selama ini belum terjadi komunikasi yang solid dengan pihak Bali Tourism Hospitality (BTH) terkait informasi dari dampak Erupsi Gunung Agung yang sebetulnya hanya berdampak terhadap 28 Desa yang ada di lingkar Kawasan Rawan Bencana 1,2 dan 3). Kawasan diluar KRB tersebut sangat aman untuk dikunjungi dan melakukan aktifitas seperti biasa.(ram)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here