PEDULI ERUPSI GUNUNG AGUNG, PERBARINDO BANTU PENGUNGSI DAN UPAYAKAN RELAKSASI BPR DI KARANGASEM

PEDULI ERUPSI GUNUNG AGUNG, PERBARINDO BANTU PENGUNGSI DAN UPAYAKAN RELAKSASI BPR DI KARANGASEM

Buletindewata.com, Karangasem.

Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Bali menunjukkan komitmennya untuk turut terhadap bencana erupsi Gunung Agung. Perbarindo Bali bersama Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan (FKLJK) seluruh Bali dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Bali Nusra menyerahkan bantuan untuk pengungsi di Karangasem melalui Pemkab Karangasem yang diterima langsung Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumantri, Selasa (20/12) di posko Pelabuhan Tanah Ampo, Karangasem.

Ketua Perbarindo Bali Ketut Wiratjana menyampaikan, dengan Adanya bencana erupsi Gunung Agung di Kabupaten Karangasem ini telah mendorong pihaknya dari kalangan industri perbankkan turut berpartisipasi meringankan beban masyarakat penggungsi. selanjutnya Perbarindo melalui kebijakan Otoritas Jasa Keuangan, OJK akan berupaya memberikan relaksasi kepada nasabah perbankan khususnya BPR di Karangasem yang mengalami kesusahan pembayaran atau pun transaksi kredit karena status Gunung Agung. Melalui bantuan peduli erupsi Gunung Agung, Perbarindo Bali mengajak para pengusaha di kabupaten Karangasem untuk tetap optimis bersama-sama membangun kembali Kabupaten Karangasem.

“Tentu dari Industri Perbankan bukan hanya semena-mena mencari keuntungan, dalam hal ini di Kabupaten Karangasem ada bencana erupsi Gunung Agung tentu kami dari Industri Perbankan ikut berpartisipasi untuk meringankan beban masyarakat yang ada di Kabupaten Karangasem ini. Tentu kita akan melihat kembali dengan minta kebijakan OJK, dimana ada teman-teman kami 4 BPR di Karangasem yang tertimpa secara langsung dan banyak juga dari pengusaha di Karangasem yang merasa tidak berjalan usahanya dari BPR juga ada imbasnya, tentu kami dengan kebijakan OJK untuk memberikan Relaksasi kepada khususnya kepada BPR dan Debitur kami juga yang ada di Karangasem,” pungkas Wiratjana.

PEDULI ERUPSI GUNUNG AGUNG, PERBARINDO BANTU PENGUNGSI DAN UPAYAKAN RELAKSASI BPR DI KARANGASEM

Kepala OJK Regional 8 Bali Nusra Hizbullah mengatakan, dibawah koordinasi OJK, Pihaknya bersama dengan industri jasa keuangan sangat konsen untuk membantu UMKM terkena dampak aktivitas erupsi Gunung Agung. Selain mengupayakan keringanan melalui ketentuan perbankkan, pihaknya pula mendorong perbankan untuk memberi bantuan kepada UMKM di Karangasem yang terkena dampak bencana agar mereka bisa bangkit berusaha kembali melalui usahanya masing-masing.

“Kami dari Industri Jasa Keuangan di bawah koordinator OJK sangat konsen membantu UMKM terutama yang kena dampak dari Gunung Agung. Jadi selain adanya keringan dari ketentuan kami juga akan berupaya untuk membantu modal supaya nanti mereka berusaha kembali setelah nanti bencana ini selesai” , ungkap Hizbullah.

Bupati Mas Sumantri sangat menyambut baik kehadiran para donatur dari kalangan perbankkan ini. Diharapkan dengan bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban masyarakat pengungsi di Kabupaten Karangasem. ” Sudah barang tentu kami atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Karangasem mengucapkan banyak terima kasih yang setinggi-tingginya”, ujar Mas Sumantri.

Bantuan dana sebesar 275 juta yang diserahlan kalangan industri perbankkan melalui pemkab Karangasem meliputi dana sebesar 100 juta dari Petbarindo Bali ditambah 2 ton beras, 100 juta dari FKLJK seluruh Bali dan 75 juta dari OJK. Selanjutnya bantuan ini akan disalurkan langsung Pemkab Karangasem kepada para pengungsi di masing masing pos pengungsian yang ada.(bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *