BALI PHILATELY EXHIBITION (BALIPHEX) 2017, KONJEND INDIA LUNCURKAN PERANGKO RAMAYANA

Buletindewata.com, Denpasar.

Konsulat Jendral India, Bali bekerja sama dengan panitia penyelenggara Bali Philately Exhibition (BALIPHEX) 2017 kembali meluncurkan Perangko Ramayana yang diterbitkan oleh Departemen Pos di India, Sabtu, 18 November 2017 di Monumen Bajra Sandhi, Denpasar.

Edisi prangko ini diluncurkan oleh Perdana Menteri India Narendra Modi pada tanggal 22 September 2017 di Kuil Tulsi Mana yang bersejarah, Varanasi. Ramayana mendapat tempat khusus di Indonesia terutama di kalangan masyarakat Bali dan oleh karena itu Pemerintah India menganggapnya layak untuk diluncurkan kembali di Bali.

Konsulat Jenderal India, Bali menggunakan kesempatan BALIPHEX 2017. Malam BALIPHEX diadakan di Monumen Bajra Sandhi, Renon untuk peluncuran kembali Perangko Ramayana yang dihadiri oleh Sekjen Perkumpulan Filatelis Indonesia, Kepala Kantor Pos Indonesia Wilayah Bali-Nusa Tenggara, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Bali.

Pusat Kebudayaan India di Bali (ICC Bali) pada kesempatan ini, mempersembahkan sebuah pementasan budaya pendek dengan menyanyikan Ram Bhajan yang merupakan sebuah doa untuk memuja Sri Rama yang ditulis oleh penyair India Tulsi Das yang terkenal pada abad keenam belas dalam bahasa Sanskerta. Doa Shri Ramachandra Kripalu memuliakan Sri Rama. ICC Bali juga mempersembahkan penampilan lain tentang Sri Rama dimana sang ibu Kaushalya mengungkapkan rasa terima kasihnya karena telah memperoleh Sri Rama sebagai anaknya.

Dalam kesempatan tersebut, Konsul Jenderal India di Bali mengungkapkan kebahagiaannya karena dapat melakukan peluncuran kembali Perangko Ramayana di Bali dan mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara karena telah memberi kesempatan dan tempat kepada pihak konsulat untuk dapat melakukannya.

Konsul Jenderal India di Bali memperhatikan pengaruh epik Ramayana terhadap kehidupan sehari-hari masyarakat Bali dan berharap agar perangko tersebut, selain menjadi barang koleksi bagi filatelis dan penggemar perangko di Bali, Perangko Ramayana diharapkan juga akan menarik perhatian masyarakat Bali pada umumnya.(bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *