Cagar Budaya Pura Natar Jemeng Nilai Tambah Desa Wisata Pinge

Cagar Budaya Pura Natar Jemeng Nilai Tambah Desa Wisata Pinge

Buletin Dewata, Tabanan.

Pura Natar Jemeng yang berada di Desa Wisata Pinge, Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan sebagai cagar budaya yang dijadikan salah satu daya tarik di desa wisata setempat. Desa Wisata Pinge adalah binaan perusahaan pengembangan kawasan pariwisata Nusa dua yang dikunjungi wisatawan asing dan domestik.

Managing Director Kawasan Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita saat berkunjung bersama awak media di Pura Natar Jemeng beberapa waktu lalu mengatakan, cagar budaya tersebut menjadi nilai tambah Desa Wisata Pinge.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke cagar budaya Pura Natar Jemeng diwajibkan untuk menggunakan kain dan selendang yang telah disediakan oleh pengelola Desa Wisata Pinge.

Cagar Budaya Pura Natar Jemeng Nilai Tambah Desa Wisata Pinge

Mengunjungi Pura Natar Jemeng biasanya dilakukan setelah wisatawan melakukan aktivitas trekking menyusuri desa, makan siang, menikmati pementasan tari dan berkunjung ke rumah-rumah penduduk untuk melihat aktivitas warga setempat.

Kunjungan terakhir dari paket wisata ini yakni ke cagar budaya Pura Natar Jemeng yang dilalui dengan berjalan kaki maupun berkendara dari desa. Pengunjung harus melewati beberapa anak tangga untuk menuju area dalam Pura.

Cagar Budaya Pura Natar Jemeng Nilai Tambah Desa Wisata Pinge

Saat berkeliling melihat-lihat benda peninggalan purbakala tersebut, wisatawan akan ditemani pemandu dari desa setempat. Area Pura dilengkapi dengan Bale Pengubengan dan bangunan peristirahatan. Di luar area Pura juga terdapat toilet untuk menambah fasilitas bagi wisatawan.

Di sebelah utara terdapat areal utama Pura. Peninggalan berupa arca, lingga dan lainnya ditempatkan pada sebuah bangunan berupa pelinggih/candi. Jumlahnya pun cukup banyak dan memiliki bentuk yang berbeda-beda diantaranya bernama Pelinggih Ratu Putus, Ratu Mekel, Bawi Crenggi, Macan Putih, Macan Gading, Ratu Bujangga, Grombong Bikul, Balang Sangit, Ratu Tukang dan Pelinggih Tri Murti.(blt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *