Patung Sampah Plastik Mahasiswa STD Bali Hiasi Taman Kumbasari Tukad Badung

0

Patung Sampah Plastik Mahasiswa STD Bali Hiasi Taman Kumbesari Tukad Badung

Buletin Dewata, Denpasar.

Karya mahasiswa Sekolah Tinggi Desain (STD) Bali berupa Patung sapi dari bahan sampah plastik menghiasi Tukad Badung Denpasar, Rabu (10/4). Karya ini dibuat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang dampak buruk dari sampah plastik terhadap lingkungan.

Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) STD Bali, Putu Ayu Griselda Wirajaya, I Komang Gede Arya Kurniawan bersama rekannya Felix Yuno Lukman mengatakan bahwa karya yang dibuat merupakan tugas dari mata kuliah Eksperimentasi Visual

Hal yang mendasari pemilihan bahan dari sampah plastik adalah karena sampah sulit terurai maupun hanyut ke laut, tertimbun didaratan, bahkan sampai dimakan hewan yang menyebabkan kematian.“Hal inilah yang mendasari karya kami ini yang membuat bentuk hewan yang kepalanya adalah kepala rusa berekor paus,” ujar Arya.

Sekretaris Dinas PU, I Gusti Ngurah Putra Sanjaya mengatakan bahwa ada ruang menarik yang telah disiapkan Pemkot Denpasar untuk generasi muda berkreatifitas menunjukan karya. Menurutnya kegiatan dari mahasiswa STD Bali lewat pameran patung dengan bahan plastik mampu memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang telah berpameran dan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat dalam turut serta menjaga lingkungan serta menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.

Karya yang berjudul Plastik Inside dibuat selama empat hari yang diambil dari bahan sampah plastik meliputi kawat, kayu, botol plastik dan lampu. Karya yang dipamerkan selama dua hari di Tukad Badung menggambarkan hewan-hewan dengan efek lampu untuk menambah estetika sehingga para pengunjung tetap bisa berfoto dengan latar patung plastik di malam harinya. (pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here