Genjek Kolosal di Taman Ujung Sukasada Karangasem Pecahkan Rekor Muri

0
Genjek Kolosal di Taman Ujung Sukasada Karangasem Pecahkan Rekor Muri
Foto : Para peserta genjek kolosal saat megenjekan di Taman Soekasada Ujung Karangasem.

Buletin Dewata, Karangasem.

Genjek Kolosal yang digelar di Taman Soekasada Ujung, Kabupaten Karangasem Bali, Minggu (28/10) meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Genjek yang meraih muri tahun ini merupakan pagelaran Genjek Kolosal yang kedua dengan jumlah peserta sebanyak 18.012 orang.

Para peserta genjek terdiri dari pelajar SMP, remaja dan tokoh masyarakat yang bekerja di segala lapisan. Pagelaran Genjek Kolosal diselenggarakan untuk yang kedua kalinya yang sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2016 dengan jumlah peserta 15.361 orang.

Kegiatan ini dihadiri perwakilan dari Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Prof Dr I Gede Pitana yang sekaligus membuka secara resmi pagelaran Genjek Kolosal. “Festival cara yang paling efektif untuk mendestinasi pariwisata, Karangasem mempunyai kekuatan yang luar biasa adalah dibidang kesenian khas yang tidak di temukan di kabupaten lain, Kesenian tersebut harus dilestarikan contohnya kesenian genjek seperti sekarang. Kami yakin, berbagai festival seperti ini akan menaikkan potensi pariwisata di Karangasem dan semoga festival ini bisa berjalan dngan lancar,” terang Pitana.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri berharap melalui pagelaran Genjek Kolosal, semangat nasionalisme dan kebhinekaan serta persatuan di kalangan pemuda Indonesia khususnya Kabupaten Karangasem. “Pagelaran diharapkan mampu menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong-royong para pemuda dan masyarakat dalam membangun Karangasem untuk mewujudkan Karangasem cerdas, bersih, bermartabat dan berlandaskan Tri Hita Karana,” ujarnya.

Usai pementasan, Senior Manager MURI, Sri Widayati menyerahkan sertifikat muri genjek kolosal kepada Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri. “Dicatatnya genjek massal ini, akan menambah harum nama Karangasem atau Bali pada umumnya di kancah Nasional maupun Internasional,” tutur Sri.

Dicatatnya Genjek Kolosal ini akan menambah harum nama karangasem atau Bali di kancah nasional maupun internasional. Pagelaran Genjek Kolosal sekaligus memperkenalkan produk yang dimiliki oleh masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Karangasem. Momentum pelestarian nilai-nilai tradisi lokal akan memperkaya budaya dan kelestarian aset pusaka Indonesia.(blt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here