Kids Take Over, Siswa SD Rasakan Pengalaman Jadi Petugas di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Kids Take Over, Siswa SD Rasakan Pengalaman Jadi Petugas di Bandara I Gusti Ngurah Rai
Foto : Kids Take Over, Siswa SD rasakan jadi petugas Bandara dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia bersama UNICEF Indonesia, di Terminal Keberangkatan Domestik, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Jumat (13/12).

Buletin Dewata, Badung.

Sejak Majelis Umum PBB mendeklarasikan Konvensi Hak Anak atau Convention on the Rights of the Child pada tanggal 20 November 1989, Hari Anak Sedunia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 20 November. Bekerja sama dengan UNICEF yang merupakan badan PBB di bidang bantuan kemanusiaan dan anak-anak, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali mengundang anak-anak siswa sekolah dasar (SD) memperingati Hari Anak Sedunia ke-30 di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Jumat (13/12).

Pada peringatan ini puluhan siswa SD 4 Tuban mendapat pengalaman menjadi petugas bandara dalam kegiatan bertajuk Kids Take Over. Para siswa SD tersebut berkesempatan memerankan tugas sebagai Customer Service Officer, Duta Bandar Udara, Special Needs Service Officer, Terminal Inspector, serta Guest Relation Officer di Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Ngurah Rai. Mereka pun dengan antusias, berinteraksi dengan para penumpang yang akan berangkat meninggalkan Bali.

Communication and Legal Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, Arie Ahsanurrohim mengatakan untuk pertama kalinya Bandara I Gusti Ngurah Rai – Bali menggelar Kids Take Over setelah sebelumnya diadakan di Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Soekarno Hatta Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman khusus terhadap anak – anak tentang aktivitas kebandarudaraan melalui pengenalan ragam profesi dan pelayanan.

“Sebetulnya acara ini sudah dirayakan pada tanggal 20 Nopember 2019, namun untuk di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali baru berkesempatan pada hari ini. Ini adalah pertama kali kita menggandeng UNICEF untuk menyemarakan Hari Anak Sedunia. Saya rasa bandara merupakan salah satu tempat yang sangat baik untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagi anak – anak di usia dini. Mereka bisa bermain bahkan berakting sebagai petugas bandara yang merupakan pengalaman menarik bagi mereka. Meski baru pertama kali, namun menurut saya ini sesi yang baik dan layak untuk di annualkan atau diagendakan setiap tahun,” ujarnya.

Kids Take Over, Siswa SD Rasakan Pengalaman Jadi Petugas di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Salah satu siswa kelas IV SD 4 Tuban, I Gede Arya Utama Mandala mengaku senang mendapat kesempatan ikut dalam kegiatan Kids Take Over ini. “Seru, kita bisa mengetahui semua aktivitas di bandara ini dan dapat banyak pengalaman. Pekerjaan di bandara ini keren – keren.” ujar siswa yang kelak jika sudah besar nanti lebih memilih menjadi pengusaha makanan.

Sementara itu, Ni Made Sarjani, M.Pd selaku Kepala Sekolah SD No. 4 Tuban, sangat mengapresiasi kegiatan yang melibatkan siswa dari sekolah yang dipimpinnya. “Kami sangat menyambut baik kegiatan ini. Anak-anak kami diberikan kesempatan untuk ikut serta berperan sebagai petugas di bandara. Tentunya kegiatan ini akan memberikan pengalaman yang membekas di hati anak-anak kami, serta akan sangat bermanfaat dalam proses tumbuh kembang mereka nantinya,” tuturnya.

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali dipilih oleh UNICEF Indonesia sebagai tempat penyelenggaraan peringatan Hari Anak Sedunia karena di tahun ini, Kota Denpasar meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada bulan Juli lalu.(wid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *