Mediterranean Bali Menginspirasi Pemuda Bangli Sukses Berwirausaha dengan Kerja di Kapal Pesiar

Mediterranean Bali Menginspirasi Pemuda Bangli Sukses Berwirausaha dengan Kerja di Kapal Pesiar
Foto : Wakil Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta (tengah) sebagai keynote speaker seminar Entrepreneurship di Kampus Meditrranean Bali Cabang Bangli.

Buletin Dewata, Bangli.

Mencetak lulusannya untuk mampu bekerja di top postion di dunia hospitality dan menjadi entrepreneur, Mediterranean Bali senantiasa menginspirasi mahasiswanya melalui seminar Entrepreneurship yang rutin di Kampus Meditrranean Bali Cabang Bangli. Bertajuk “Be Ready to be Young, Rich, and Succesful Generation”, seminar menghadirkan Wakil Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta sebagai keynote speaker.

Anak Agung Gede Darmawan selaku Manager Kampus Mediterranean Bangli menyampaikan melalui seminar kewirausahaan yang rutin dilaksanakan, pihaknya berharap dapat memberikan wawasan lebih kepada mahasiswanya mengenai 3 langkah mandiri untuk sukses meniti karier di bidang hospitality, baik di hotel maupun kapal pesiar.

Langkah tersebut dapat ditempuh dengan study keahlian di Mediterranean Bali, lulus dan disalurkan bekerja didalam ataupun di luar negeri dan setelah berhasil mengumpulkan modal diharapkan bisa sukses membuka peluang usaha dengan berwirausaha mandiri.

“Kami menginspirasi semua mahasiswa untuk menjadi entrepreneur. Kita harapkan setelah mereka bekerja di hospitality industry baik itu di hotel maupun di kapal pesiar, mereka akhirnya mendapatkan modal. Begitu kembali dari industri mereka bisa berwirausaha, yang disini yang saya maksudkan adalah mereka bisa mendirikan usaha walaupun tidak besar tapi kecil namun bisa menambah lapangan pekerjaan dan juga membangkitkan ekonomi yang ada di Bangli,” ujar Darmawan disela – sela seminar, Selasa (1/10).

Sementara, Wakil Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dalam seminar ini memberikan kiat – kiat untuk bisa sukses berwirausaha berdasarkan pengalamannya pernah menggeluti bisnis ekspor-impor barang. Menurutnya para mahasiswa di kampus Mediterranean cabang Bangli ini harus bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya belajar menjadi tenaga kerja terampil dan profesional di kapal pesiar. Dengan modal yang cukup mereka akan mampu berwirausaha menjadi pebisnis muda sesuai dengan bidang usaha yang diminatinya.

Melalui jalinan kerjasama antara Pemkab Bangli dengan Mediterranean Bali, diharapkan banyak lagi pemuda Bangli yang sukses meraih penghasilan dengan bekerja di kapal pesiar. Diakui Mediterranian Bali bukan hanya mencetak tenaga kerja terampil ke kapal, tapi juga telah membantu pemerintah daerah dalam memecahkan masalah ketenagakerjaan.

“Kampus Mediterranean Bali yang ada di Bangli ini sudah komit dengan Pemerintah Kabupaten Bangli di dalam pelatihan dan pemberangkatan anak-anak ke kapal pesiar. Tentu ke depan program-program yang sudah berjalan dengan baik ini tetap harus kita kerjakan dan kalau perlu mungkin ditambah dalam skala yang lebih luas, terutama melalui bantuan dana bergulir dengan bank perkreditan rakyat yang kita miliki,” jelasnya.

Menyandang predikat sebagai Hospitality and Entrepreneur College, Mediterranean Bali telah banyak menorehkan prestasi. Salah satu raihan yang dicapai belum lama ini adalah mahasiswa Mediterranean Bali mendapat juara 3 mewakil Indonesia di Asean skill competition di bidang Culinary. Dan dengan menggunakan kurikulum asean sejak tahun 2014 maka mediterranean Bali pun kembali dipercaya untuk mewakili indonesia mereview pelaksanaan kurikulum Asean di Myanmar.(gus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *