Mediterranean Bali Hospitality & Entrepreneur Collage Wisuda 937 Mahasiswa

Mediterranean Bali Hospitality & Entrepreneur Collage Wisuda 937 Mahasiswa

Buletin Dewata, Badung.

Mediterranean Bali Hospitality and Entrepreneur collage menggelar wisuda ke XI di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Sabtu (21/9). Mengambil tema “Dear to dream big”, wisuda Mediterranean Bali mendorong para lulusannya untuk meraih mimpi besarnya untuk sukses bekerja di bidang hospitality, baik di hotel maupun di kapal pesiar.

Wisuda ke XI Mediterranean Bali Hospitality and Entrepreneur Collage diikuti sebanyak 937 wisudawan dan wisudawati dari jenjang prodi sertifikat 3 (2 tahun) dan sertifikat 4 (1 tahun) yang berasal dari 4 kampus Mediterranean Bali, meliputi kampus Denpasar, Bangli, Karangasem dan Singaraja. Mereka berhasil lulus dan memperoleh sertifikat yang sesuai dengan program keahliannya.

Mediterranean Bali Hospitality & Entrepreneur Collage Wisuda 937 Mahasiswa
Foto : Direktur Mediterranean Bali, Gede Agus Arya Saputra Yasa, S.Pd, M.Pd. (kiri) saat mewisuda mahasiswa.

Direktur Mediterranean Bali, Gede Agus Arya Saputra Yasa mengatakan Mediterranean Bali senantiasa mencetak tenaga kerja pariwisata yang profesional sesuai dengan kebutuhan industri perhotelan dan kapal pesiar. Pada wisuda kali ini sekitar 80 persen lulusan Mediterranean Bali sudah diserap di pasar kerja.

Dengan keterampilan entrepreneurship yang diperoleh selama masa perkuliahan, para lulusan diharapkan tidak saja mampu bersaing di dunia perhotelan dan kapal pesiar, namun bisa menjadi pengusaha. Hal ini untuk menginspirasi generasi muda agar tidak menjadi karyawan seumur hidup.

“Kita bekali mereka, dengan semua yang mereka butuhkan untuk menjadi profesional bekerja di perhotelan. Kita juga bekali dengan hal-hal yang berkaitan dengan entrepreneurship atau kewirausahaan, sehingga walaupun mereka sudah kita yakini memiliki kemampuan bekerja, tapi kita berharap mereka tidak menjadi karyawan seumur hidup,” ujarnya.

Mediterranean Bali Hospitality & Entrepreneur Collage Wisuda 937 Mahasiswa
Foto : Chairman Medi Groups, Anak Agung Gede Abdiarta, S.E, C.H.T

Chairman Medi Groups, Anak Agung Gede Abdiarta menjelaskan bahwa kebutuhan terhadap tenaga pariwisata yang profesional masih cukup tinggi. Untuk itu pihaknya senantiasa mendorong kualitas pendidikan dan pelatihan di kampus Mediterranean Bali. Melalui kerjasama dengan lembaga yang bergerak dibidang hospitality turut membantu penyaluran kerja para lulusan dan generasi muda lainnya bekerja di hospitality industri baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Kami tentunya akan terus meningkatkan kualitas dengan memperluas jaringannya sehingga benar-benar lulusan mediterranean Bali ini bisa menjadi lebih baik di lokal, nasional maupun internasional dan mereka pun dapat membawa nama baik Bali ke dunia internasional. Saat ini sedang mendekati perusahaan-perusahaan kapal pesiar yang bisa mengakomodasi lulusan kami, sehingga ini prosesnya akan menjadi lebih cepat, lebih mudah dan astungkare semuanya bisa tempatkan pada saat mereka telah diwisuda,” terangnya.

Mediterranean Bali Hospitality & Entrepreneur Collage Wisuda 937 Mahasiswa
Foto : Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sinergi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali, Ida Bagus Ngurah Arda (2 dari kanan) berfoto bersama mahasiswa Meditertanean Bali yang berprestasi.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sinergi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali, Ida Bagus Ngurah Arda dalam sambutannya sangat mengapresiasi LPK Mediterranian Bali Hospitality and Entrepreneur Collage yang sudah mampu mendidik, mensertifikasi dan menempatkan para lulusannya bekerja di industri pariwisata, baik di dalam maupun di luar negeri. Langkah ini telah membantu Pemerintah Provinsi Bali dalam upaya peningkatan kompetensi calon tenaga kerja di bidang pariwisata.

“Apa yang dilakukan oleh Mediterranean Bali sejalan dengan visi Bali, Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana menuju ke Bali era baru, khususnya dalam menghasilkan tenaga kerja yang produktif, kompetensi, berkualitas, berdaya saing tinggi serta mampu memperluas akses kesempatan kerja di dalam maupun di luar negeri. Kedepan khususnya di Bali, mudah-mudahan ada LPK yang bisa seperti Mediterranean Bali yang mampu melakukan tiga aspek kegiatan sekaligus yaitu mendidik, mensertifikat dan yang tidak kalah penting adalah menempatkan para lulusannya,” pungkas Ngurah Arda.

Dalam acara wisuda ke ini, penghargaan diberikan kepada para mahasiswa peraih Best Student dari 4 kampus Mediterranean Bali yang ada di Denpasar, Bangli, Karangasem dan Buleleng. Diserahkan pula perhargaan berupa beasiswa uang tunai kepada 12 orang peraih The Best Trainee dan penghargaan kepada 8 orang mahasiswa berprestasi. Wisuda turut dihadiri agent kapal pesiar CTI Group Bali, Direktur LSP Pariwisata Bali dan Ketua organisasi kepariwisataan.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *