Jokowi Apresiasi Penelitian “Daun Ketapang” Siswi SMPN 3 Denpasar Raih Prestasi Internasional

Jokowi Apresiasi Penelitian "Daun Ketapang" Siswi SMPN 3 Denpasar Raih Prestasi
Foto : Siswa SMPN 3 Denpasar, Galuh Cakrawati bertemu dengan Presiden Jokowi di Taman Kumbasari Tukad Badung, Sabtu (18/5).

Buletin Dewata, Denpasar.

Saat mengunjungi Pasar Badung dan Taman Kumbasari di Kota Denpasar, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo memberi ucapan selamat kepada Ni Made Galuh Cakrawati Dharma Wijaya siswa SMP N 3 Denpasar, peraih prestasi tingkat Internasional dengan berbagai penemuan karya ilmiahnya.

Galuh Cakrawati mengaku senang usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan menyampaikan keberhasilan dalam meraih prestasi di ajang Thailand Inventors Day 2019 yang diadakan di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEX) Bangkok Thailand.

“Persasaan saya sangat senang dan bangga bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo, bisa bercerita tentang prestasi yang sempat saya peroleh selama ini,” ujarnya.

Terkait dengan karya ilmiah yang berhasil memenangkan kompetisi tersebut, menurut Galuh merupakan hasil dari penelitiannya tentang daun ketapang yang menjadi bodi kapal laut.

Ide penelitian ini menurutnya di dapat dari riset di internet yang terungkap bahwa daun ketapang bisa dijadikan bodi kapal laut. Disamping itu penelitian dilatari karena melihat fenomena bahwa bodi kapal laut di Indonesia banyak diimpor dari luar negeri.

Dari karyanya ini Galuh berhasil meraih penghargaan Gold Medal at TID, Thailand serta Bronze Medal at TID, Thailand 2019. Selain itu pada Tahun 2017 karya ilmiah Galuh tentang body kendaraan bermotor dari sampah daun tanaman ketapang juga berhasil meraih Gold Medal at WICO di Korea dan di Japan Design International Expo 2017 di Jepang, untuk penelitian sampah daun ketapang dan jerami padi menjadi rompi antipeluru.(pur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *