Utsawa Brahma Widya IHDN Denpasar Tingkatkan Kreativitas Berbasis Kearifan Lokal

0

Utsawa Brahma Widya IHDN Denpasar Tingkatkan Kreativitas Berbasis Kearifan Lokal

Buletin Dewata, Denpasar.

Wajah Hindu di Nusantara sangat beragam, dengan budaya dan kearifan lokal yang terpelihara bahkan terbangkitkan kembali. Namun demikian harus disadari bahwa sumbernya satu dan sama yakni Veda. Demikian ditegaskan Direktur Urusan Pendidikan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Drs. I Wayan Budha, M.Pd ketika membuka Utsawa Brahma Widya IHDN di aula Kampus Ratna Denpasar, Kamis (11/4).

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa menampilkan pembacaan Mantra Veda dan Sloka dalam berbagai versi di Nusantara. Drs. I Wayan Budha, M.Pd menegaskan, ketika umat Hindu sangat menghargai local genius, namun harus dibarengi kesadaran bahwa sumber ajaran tertingginya adalah Veda, sehingga lahir kesadaran untuk membaca Veda dengan chanting dari masing-masing wilayah. “Hal ini benar-benar akan mencerminkan wajah Hindu di Indonesia yang ramah dan menghargai serta memelihara budaya lokal,” ujarnya

Rektor IHDN Denpasar Prof. Dr. I Gusti Ngurah Sudiana dalam sambutannya menyatakan IHDN Denpasar memelihara dan menguatkan mahasiswanya yang berasal dari berbagai etnis untuk dapat membaca Pustaka Suci Veda dalam versinya masing-masing seperti Bali, Jawa, Dayak, Batak, Toraja maupun Bugis.

Utsawa Brahma Widya IHDN Denpasar Tingkatkan Kreativitas Berbasis Kearifan Lokal

Rektor juga sangat mengapresiasi mahasiswa dan seluruh civitas Fakultas Brahma Widya yang secara konsisten menyelenggarakan Utsawa Brahma Widya dan senantiasa meningkatkan kreativitas mahasiswa. “Setiap hari di IHDN Denpasar dilaksanakan pembacaan Veda dan disiapkan tempat untuk itu, baik dosen maupun mahasiswa dalam membaca Veda di Balai Penyastraan. Aktivitas Yoga di IHDN Denpasar sangat maju terlebih memiliki jurusan Yoga Kesehatan yang secara akademik mempelajari, melakukan penelitian dan mengajarkan Yoga Kesehatan. IHDN telah mendukung berbagai aktivitas besar umat Hindu,” ungkapnya

Pembukaan Utsawa Brahma Widya berlangsung meriah dengan kreativitas mahasiswa yang sangat baik. Demikian pula antusias mahasiswa sangat tinggi melaksanakan kegiatan tersebut. Mengangkat tema Bhakti Devaya, Utsawa Brahma Widya diisi dengan berbagai lomba dan kreativitas mahasiswa. Selain berupaya meningkatkan kemampuan akademik generasi muda Hindu, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kreativitas dan kemampuan softskill mahasiswa sekaligus meningkatan pengabdian kepada masyarakat.(blt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here