Fakultas Brahma Widya IHDN Denpasar, Kembangkan Daya Tarik Pengobatan Tradisional

0
Fakultas Brahma Widya IHDN Denpasar, Kembangkan Daya Tarik Pengobatan Tradisional
Foto : Peragaan yoga mahasiswa Fakultas Brahma Widya, IHDN Denpasar.

Buletin Dewata, Denpasar.

Meningkatkan pemahaman tentang kesehatan tradisional yang kini semakin diminati, Fakultas Brahma Widya, Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar menggelar Stadium General dengan tema Pengaruh Biokimia terhadap Keseimbangan Fisik dan Mental, Jumat (29/3). Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa di bidang biokimia khususnya terkait dengan pengobatan tradisonal.

Wakil Dekan I Fakultas Brahma Widya, I made sugata mengatakan Stadium General yang dilakukan program study, Prodi Yoga Kesehatan merupakan pula kegiatan dalam rangka menggali ilmu pengetahuan di bidang biokimia sebagai sumber kekayaan alam di nusantara. Dikatakan, pengetahuan Biokimia menjadi dasar untuk Prodi Yoga Kesehatan yang lebih mengarah kepada pengembangan pengobatan tradisional yang kini semakin diminati.

“Nah kami di Prodi Yoga Kesehatan di Fakultas Brahma Widya IHDN Denpasar mempunyai kewajiban besar dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat, terlebih pemahaman mahasiswa yang mengacu pada kajian akademisnya. Dan sesungguhnya kita juga akan lebih mengarahkan kepada bagaimana kesehatan tradisional menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk dikembangkan yang saat ini sedang booming,” ujarnya.

Fakultas Brahma Widya IHDN Denpasar, Kembangkan Daya Tarik Pengobatan Tradisional
Foto : Terapi yoga jadi salah satu metode penyembuhan alternatif.

Membuka ranah pengetahuan tentang biokimia, Stadium General menghadirkan Guru Besar dari Universitas Gajah Mada, Prof. Dr. Ratna Asmah Susidarti, M.S., Apt yang memaparkan tentang betapa pentingnya menjaga lingkungan alam. Dengan keanekaragaman hayati dari sumber daya alam Indonesia maka dapat manfaatkan untuk sebesar – besarnya dalam menjawab beragam permasalah kesehatan yang ada saat ini.

“Indonesia ini merupakan negara dengan keanekaragaman hayati yang sangat banyak, sangat luas nomor 2 setelah Berazil. Jadi kedepannya kader – kader bangsa ini harus peduli untuk hidup sehat dengan kesadaran menjaga kelestarian sumber daya alam sehingga dapat kita eksplorasi sebaik – baiknya untuk kita manfaatkan dalam menjawab masalah – masalah kesehatan yang ada di Indonesia,” pungkasnya.

Selain pemaparan yang disampaikan narasumber, Stadium General juga diselingi dengan peragaan senam yoga dan yoga ketawa yang dibawakan secara apik oleh mahasiswi dan mahasiswa Prodi Yoga Kesehatan Fakultas Brahma Widya IHDN Denpasar.(piu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here