Bali Saraswati Spa Academy (BSSA) Gandeng Kemenpar Gelar Uji Kompetensi Spa Terapis

Bali Saraswati Spa Academy (BSSA) Gandeng Kemenpar Gelar Uji Kompetensi Spa Terapis
Foto : Suasana uji kompetensi Spa terapis di Bali Saraswati Spa Academy (BSSA), di Gianyar.

Buletin Dewata, Gianyar.

Sebanyak 100 Spa terapis mengikuti Sertifikasi Uji Kompetensi Sektor Pariwisata Bidang Spa yang digelar atas kerja sama Kementerian Pariwisata dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Spa Nasional di Tempat Uji Kompetensi (TUK) Bali Saraswati Spa Academy (BSSA) Jalan Ksirarnawa No 7, Bypass Prof. IB Mantra, Gianyar.

Kegiatan yang difasilitasi Kementerian Pariwisata melalui Asdep Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian pariwisata pada 27-28 Maret tersebut ditujukan untuk memberikan pengakuan atas kompetensi profesi yang dimiliki tenaga kerja di bidang Spa.

Sri Ida Mulyani selaku Kabid Admin LSP Spa Nasional Jakarta menyampaikan bahwa selain untuk meningkatkan kualitas dan daya saing tenaga kerja, sertifikasi kompetensi juga meningkatkan pemahaman pentingnya profesional dan legalitas untuk siap bersaing dengan tenaga kerja asing setelah berlakunya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).

“Saat ini sertifikasi yang dikeluarkan BNSP sangat penting karena sekarang sudah berlaku MEA dimana kita bersaing dengan terapis di ASEAN yang bisa datang ke Indonesia hanya dengan membawa sertifikat di punyai. Begitu pula dari Indonesia bisa ke luar negeri,” ujarnya.

Bali Saraswati Spa Academy (BSSA) Gandeng Kemenpar Gelar Uji Kompetensi Spa Terapis

Ditegaskan pula, sangat penting bagi industri Spa mensertifikasi para terapisnya sesuai dengan keahlian yang dimiliki, sebab pihak Kementerian Pariwisata akan memberlakukan tanda daftar usaha pariwisata kepada seluruh industri pariwisata termasuk Spa. Untuk itu industri Spa wajib memiliki tanda tersebut, karena jika tidak maka akan dikenakan tindakan lanjut.

“Untuk itu industri Spa bersangkutan harus pula memiliki sertifikasi untuk para terapisnya. Kalo terapisnya tidak bersertifikasi maka indusri tersebut tidak akan bisa boleh beroperasi, ” imbuh Ari.

Direktur Bali Saraswati Spa Academy (BSSA), Ni Wayan Witarsih mengatakan sangat bangga sebagai BSSA menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) Spa di daerah Gianyar. “Dengan adanya dana dari pemerintah ini kami bisa melakukan uji kompetensi dengan mensertifikasi semua tenaga terapis yang ada di Kabupaten Gianyar pada khususnya,” tuturnya.

Bali Saraswati Spa Academy (BSSA) Gandeng Kemenpar Gelar Uji Kompetensi Spa Terapis

Kedepan, BSSA pun sangat mengharapkan semua pemilik Spa di Bali utamanya di Gianyar untuk ikut menyukseskan program pemerintah dalam mensertifikasi semua karyawannya. Hal ini penting untuk peningkatan profesi para tenaga kerja terapis untuk meneruskan jenjang karir yang lebih bagus seperti menjadi Spa Manager.

“Dengan sertifikasi mereka bisa pula menambah keterampilan dari jenis Spa yang ingin dikuasai, misalnya sekarang ini dia ikut pijat tradissional tahun depan mereka bisa ikut ke level madya, Spa Senior secara mandiri. Sementara ini dari Kemenpar baru bisa mendanai untuk level 2 dan 3 saja, sehingga kami dari LSP Spa Nasional juga akan melaksanakan uji kompetensi mandiri juga dengan kuota yang telah ditentukan,” pungkasnya.

Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi Terapis Spa di TUK BSSA secara gratis dilaksanakan melalui beberapa tahapan antara lain, proses pendaftaran peserta, proses verifikasi kelengkapan berkas, proses asesmen mandiri, yang ketiga tahap ini disebut proses Pra Asesmen yakni persiapan sebelum hari pengujian.

Skema okupasi yang diujikan meliputi 1. Terapis Spa Yunior (level II), 2. Terapis Spa Madya (level III), 3. Terapis Perawatan Pijat Traditional (level II), 4. Terapis Perawatan Pencabutan bulu dengan Wax (level III) 5. Terapis Spa Perawatan Wajah (level III), 6. Terapis Spa Perawatan Refleksi (level III). Sedangkan materi yang diujikan untuk para terapis terdiri dari pengetahuan, keterampilan dan etika.(ags)

2 tanggapan untuk “Bali Saraswati Spa Academy (BSSA) Gandeng Kemenpar Gelar Uji Kompetensi Spa Terapis

  • 4 Juni 2019 pada 04:29
    Permalink

    Selalu terdepan dalam informasi dan memberikan bukti nyata bagi semua lulusan untuk dapat bekerja di dalam maupun luar negeri, prod to be a part of BSSA

    Balas
  • 4 Juni 2019 pada 04:31
    Permalink

    Selalu terdepan dalam informasi dan memberikan bukti nyata bagi semua lulusan untuk dapat bekerja di dalam maupun luar negeri, proud to be a part of BSSA dan menjadikan HIDUP SAYA LEBIH BERMARTABAT

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *