Wujudkan Sinergitas Tanpa Batas, Rudenim Denpasar Gelar Kuliah Umum di Politeknik Negeri Bali

0
Wujudkan Sinergitas Tanpa Batas, Rudenim Denpasar Gelar Kuliah Umum di Politeknik Negeri Bali
Foto : Rudenim Denpasar gelar kuliah umum di Politeknik Negeri Bali, Selasa (15/1).

Buletin Dewata, Badung.

Dalam rangka mmperingati Hari Bhakti Imigrasi yang ke-69 yang jatuh pada tanggal 26 Januari 2019 Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar bekerjasama dengan Politeknik Negeri Bali menggelar Kuliah Umum Tentang Keimigrasian. Kuliah Umum yang diikuti oleh 75 orang mahasiswa, dibuka oleh Pembantu Direktur III, I Gusti Ngurah Bagus Catur Bawa, S.T.,M.Kom, di Aula Kampus Politeknik Negeri Bali, Selasa (15/01).

Kepala Rudenim Denpasar, Dr. Saroha Manullang, S.H.,S.E.,M.M.,dalam paparannya menjelaskan bahwa Rudenim Denpasar dengan wilayah kerja meliputi provinsi Bali dan Nusa Tengara Barat (NTB) adalah salah satu pilar dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI yang mempunyai fungsi sebagai tempat penampungan para warga negara asing yang menyalahgunakan ijin keimigrasiannya untuk menunggu kepulangan/deportasi kenegaranya. Rudenim Denpasar dalam tersebut mempunyai fungsi pendetensian, pengisolasian, pemulangan dan pendeportasian.

Melalui perkuliahan umum, keberadaan Rudenim diharapkan dapat lebih dikenal dan memasyarakat di kalangan perguruan tinggi dan sekolah-sekolah lainnya. Hal ini sangat diperlukan sebagai sarana untuk mensosialisasikan tentang peraturan keimigrasian. Para mahasiswa/ mahasiswi serta akademisi dari lembaga pendidikan tinggi dinilai lebih baik dalam memahami dan meneruskan penyampaian pesan dari sosialisasi Tugas dan Fungsi (Tusi) Keimigasian ke masyarakat.

“Kegiatan kuliah umum tersebut sangatlah penting demi memberikan Informasi mengenai peraturan dan prosedur yang berlaku dalam menjalankan fungsi keimigrasian.Inilah wujud sinergisitas tanpa batas antar dunia kerja dengan pendidikan atau antara akademisi dan praktisi,” ujar Saroha.

Wujudkan Sinergitas Tanpa Batas, Rudenim Denpasar Gelar Kuliah Umum di Politeknik Negeri Bali
Foto : Kepala Rudenim Denpasar .Dr. Saroha Manullang, S.H.,S.E., M.M.,memberi paparan kuliah umum di Politeknik Negeri Bali.

Lebih jauh Saroha Manulang juga menjalaskan bahwa imigrasi menganut asas selektif policy, dimana hanya orang yang bermaanfaat saja yang dapat masuk wilayah Indonesia. “Apa aktifitasnya dan kegiatannya didalam negeri, itu yang kita awasi. Apabila terjadi pelanggaran kita berkoordinasi dengan instasi terkait sesuai bidang tugasnya masing-masing, imbuhnya.

Pada kuliah umum tersebut juga dibuka tanya jawab mengenai kendala ataupun masalah yang dihadapi dalam mengurus dokumen yang berkaitan dengan keimigrasian. Para peserta pun tampak sangat antusias bertanya tentang tugas, fungsi maupun permasalahan yang terjadi menyangkut Keimigrasian. Secara bergantian para pejabat struktural eselon IV dan Kepala Sub Seksi serta analis keimigrasian dari Rudenim Denpasar menyampaikan paparanya terkait dengan Tusi Imigrasi dan tentang hal-hal yang sudah dilakukan oleh keimigrasian di Indonesia khususnya di Bali.

Wujudkan Sinergitas Tanpa Batas, Rudenim Denpasar Gelar Kuliah Umum di Politeknik Negeri Bali
Foto : Mahasiswa Politeknik Negeri Bali mengikuti kuliah umum dari Rudenim Denpasar.

Pada kesempatan tersebut dijelaskan pula mengenai kesiapan dan komitmen seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Rudenim Denpasar untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi yang sudah dideklarasikan sebagai zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui penandatanganan fakta integritas beberapa waktu lalu.

Melalui kegiatan kuliah umum/sosialisasi tersebut, pimpinan dan seluruh pejabat struktural Rumah Detensi Imigrasi Denpasar termasuk Institusi Keimigrasian dalam hal ini Direktorat Jenderal Imigrasi sangat mengharapkan masukan/saran bahkan teguran yang membangun dalam meningkatkan pelayanan keimigrasian yang berlandaskan HAM dengan kasih sayang sebagai wujud dan aplikasi dari peringatan hari bakti Imigrasi.

Kegiatan kuliah umum Rudenim Denpasar ditutup dengan penyerahan cinderamata yang diterima langsung Pembantu Direktur III Politeknik Negeri Bali, I Gusti Ngurah Bagus Catur Bawa , S.T.,M.Kom. Kedepan, kuliah umum dari Rudenim Denpasar diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan sebagai wujud sinergitas tanpa batas antara praktisi dan akademisi.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here