Percepat Ide Bisnis Transhub Community, Badan Litbang Perhubungan Gelar Workshop di Kembali Bali

0
Percepat Ide Bisnis Transhub Community Badan Litbang Perhubungan Gelar Workshop di Kembali Bali
Foto : Mempercepat implentasi ide bisnis Transhub Community, Badan Litbang Perhubungan gelar Workshop di Co-Working Space Kembali di Seminyak-Bali, Jumat (30/11).

Buletin Dewata, Badung.

Menindak lanjuti kesepakatan pada acara Kick Off Meeting dan Launching Transhub Community oleh Menteri Perhubungan di Jakarta, 21 September 2018 lalu, Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan mengadakan Workshop Transhub Community dengan tema “How To Be a Succesfull Startup” di Co-Working space KEMBALI, Seminyak, Bali, Jumat (30/11).

Sebagai regulator, Kementerian Perhubungan berupaya meningkatkan kinerja dalam bidang transportasi dengab memberi ruang kepada Startup yang bergerak di bidang transportasi untuk ikut mengikuti lomba ide bisnis Startup Transhub Challenge. Selanjutnya melalui penyelenggaraan workshop ini, para finalis Transhub Challenge yang saat ini telah bergabung dalam Transhub Community mendapat Sharing Experience dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan dari Startup yang sudah mapan.

“Salah satu kegiatan dari Transhub Community berlangsung pada hari ini merupakan sharing session dengan para narasumber yang bertujuan untuk meningkatkan networking dan kapasitas para Startup khususnya finalis dan pemenang lomba Transhub Challenge. Kegiatan ini sekaligus mempertemukan dengan bapak angkat untuk dapat menyusun program tindak lanjut ke depan agar ide bisnis yang ada dapat diaplikasikan dan bermanfaat untuk meningkatkan kinerja transportasi.” ujar Kepala Badan Litbang Perhubungan, Sugihardjo ditemui disela-sela workshop.

Percepat Ide Bisnis Transhub Community Badan Litbang Perhubungan Gelar Workshop di Kembali Bali
Foto : Kepala Badan Litbang Perhubungan, Sugihardjo saat workshop di Co-Working Space Kembali di Bali.

Misi Badan Litbang Perhubungan melaksanakan workshop ini untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak terkait pengembangan Startup finalis Transhub Challenge tahun 2018 dan meningkatkan kolaborasi antara Pemerintah, Startup, dan Perusahaan/BUMN, serta Asosiasi terkait. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana percepatan implementasi ide bisnis Startup Transhub Community dan pengembangan kerjasama antara Startup dengan calon stakeholder.

Terkait progress dari implementasi ide bisnis Startup, saat ini Badan Litbang Perhubungan telah berkoordinasi dengan Bapak Angkat dan para Startup tentang rencana penyusunan program kerja dan membuat kesepakatan tindak lanjut kerjasama serta penyusunan anggaran biaya. Diketahui Bapak Angkat dalam hal ini telah berkoordinasi dengan 12 tim dari 20 finalis Transhub Challenge, diantaranya adalah Log-in dengan PT.BRI (persero),Tbk dan PT. KAI; Jakarta Bike Hub dengan PT. BNI (persero), Tbk dan PT. Telkomsel; i-TDS dengan PT.INTI; Newton-X dengan PT Samudera Indonesia; Virtual Reality dengan PT. Angkasa Pura II (persero); Triplogic dengan PT.BNI (persero), Tbk; Kazee Data Analytic dengan PT. Angkasa Pura II (persero); SharC dengan PT. Blue Bird; FORWARDEX dengan ALFI; Mata Garuda dengan AirNav Indonesia; Nitih-Nitih dengan PT. Jasa Raharja; CONSecure dengan PT.Pelni.

Workshop Transhub Community menghadirkan para pembicara di antaranya kepala divisi keuangan, Bendahara dan Operasional Mandiri Capital Indonesia, Bisma Manda Samsu, Strategic Partnership Manager Traveloka, Alfonso Kodoati, dan Pemimpin Redaksi Koran Tempo Bapak Budi Setyarso, dengan moderator wartawan senior Kompas Andreas Maryoto. Para peserta merupakan para stakeholders, baik dari Pemerintahan maupun BUMN.(kat/blt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here