Seminar Kewirausahaan Mediterranean Bali Motivasi Kerja Pesiar Cari Modal Berwirausaha

0
Seminar Kewirausahaan Mediterranean Bali Motivasi Kerja Pesiar Cari Modal Berwirausaha
Foto : Seminar kewirausahaan Mediterranean Bali di Kampus Cabang Bangli, Senin (26/11) memotivasi generasi muda di Kabupaten Bangli bekerja ke kapal pesiar mencari modal berwirausaha.

Buletin Dewata, Bangli.

Guna menambah wawasan dan menggali potensi kewirausaan mahasiwa, Mediterranean Bali Hospitality College menyelenggarakan seminar kewirausahaan bertajuk “Tip dan Trik Memulai Berwirausaha Bagi Generasi Milenial Bangli”. Seminar yang menghadirkan Wakil Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta sebagai pembicara digelar di Aula Kampus Mediterranean cabang Bangli, Senin (26/11).

Melalui seminar kewirausahaan, Mediterranean Bali Hospitality and Entrepreneur College memberikan wawasan bagi mahasiswanya untuk mulai berwirausaha dengan menciptakan lapangan kerja sendiri. Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam seminar ini menyampaikan para mahasiswa di kampus Mediterranean cabang Bangli ini harus bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya menjadi tenaga kerja terampil dan profesional di kapal pesiar. Setelah berhasil mencari modal di kapal pesiar mahasiswa diharapkan dapat berwirausaha menjadi pebisnis muda atau entrepeneurship sesuai dengan bidang usaha yang diminatinya. Melalui kerjasama yang sudah dijalin antara Pemkab Bangli dengan Mediterranean Bali, kedepan diharapkan akan lebih banyak lagi pemuda Bangli yang sukses meraih penghasilan dengan bekerja di kapal pesiar.

“Saya harapkan yang dapat kesempatan kuliah di Mediterranean ini benar-benar bisa memanfaatkan waktunya dengan sebaik-baiknya agar siap menjadi tenaga kerja yang terampil dan profesional di kapal pesiar, yang nantinya kita harapkan akan menjadi entrepreneurship atau pebisnis muda di berbagai bidang. Saya harapkan lebih banyak lagi pemuda bangli yang berangkat ke kapal pesiar, karena kesempatan meraih gaji yang cukup tinggi dengan kemampuan berbahasa yang cukup simple sebenarnya hanya di kapal pesiar saat ini, dan Kampus Mediterranean cabang bangli salah satu yang terbaik yang kita miliki di kabupaten Bangli,” ujar Sedana Arta ditemui seusai seminar.

Chairman Medi Group yaitu Anak Agung Gede Abdiarta menambahkan bahwa Mediterranean Bali saat ini telah bertransformasi dari Hospitality College menjadi Hospitality and Enterpreneur college. Melalui seminar kewirausahaan yang rutin diadakan diharapkan dapat memberikan wawasan kepada mahasiswa Mediterranean Bali yang akan bekerja ke luar negeri untuk tekun bekerja dan dapat mengelola hasil kerja yang diperoleh selama bekerja di kapal pesiar, sehingga selain sukses bekerja di kapal pesiar. Para lulusan Mediterranean Bali diharapkan pula sukses membuka peluang usaha khususnya di Kabuoaten Bangli dengan memberdayakan berbagai potensi daerah yang dimiliki.

“Jadi kita di Mediterranean Bali sekarang ini, di tahun ajaran 2019/2020 kedepan ini akan bertransformasi dari Hospitality College ke Hospitality and Enterpreneur College. Jadi seperti apa yang disampaikan Wakil Bupati Bangli dimana kami undang beliau untuk memberikan paparan kepada mahasiswa kita yang nantinya akan bekerja ke luar negeri untuk mencari modal pada umumnya, dan setelah itu di harapkan dapat mengelola hasil kerja yang diperoleh selama bekerja di kapal pesiar. Kedepan akan terus mendatangkan entrepreneur yg akan memberikan sharing kepada mahasiswa maupun alumni kita,” jelas pria yang kerab disapa Gung Abdi.

Sementara itu, Direktur Mediterranean Bali, Gede Agus Arya Saputra Yasa menjelaskan dengan memiliki lebih dari 4.500 lulusan dan 1.008 mahasiswa saat ini, Mediterranean Bali berpotensi turut mengembangkan sektor kewirausahaan di Bali. Dengan memberikan pemahaman kepada para alumni dan mahasiswanya sejak dini untuk mengetahui tentang cara berwirausaha dan mengelola keuangan maka diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi untuk tidak menjadi karyawan seumur hidup.

“Dengan kita menuju ke entrepreneur collage kita memberikan pemahaman kepada mahasiswa, alumni mulai sejak dini untuk tahu bagaimana cara mengelola keuangan dan bagaimana nereka terinspirasi bahwa mereka tidak menjadi karyawan seumur hidup. Untuk mewujudkan Mediteranean Bali menjadi Hospitality and Entrepreneur College kita sudah bekerja sama intens dengan pengusaha, organisasi kewirausahaan, akademisi untuk mengembangkan generasi muda berwirausaha khususnya di Bangli yang memiliki potensi untuk dikembangkan,” imbuhnya.

Seminar Tip dan Trik Memulai Berwirausaha Bagi Generasi Milenial Bangli turut dihadiri Putu Saras selaku perwakilan CTI Bali yang merupakan agen resmi penyalur tenaga kerja kapal pesiar didampingi Anak Agung Gede Darmawan selaku Manager Kampus Mediterranean Bangli. Sesi tanya jawab dan foto bersama menjadi penutup kegiatan seminar kali ini.(blt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here