Kuliah Umum Mediterranean Bali, Pemkab Bangli Sediakan Dana Bagi Masyarakat Bekerja di Kapal Pesiar

0
Kuliah Umum Mediterranean Bali, Pemkab Bangli Sediakan Dana Bagi Masyarakat Bekerja di Kapal Pesiar
Foto : Kuliah umum di Kampus Mediterranean Bali, Cabang Bangli, Jumat (28/9).

Buletin Dewata, Bangli.

Bekerjasama dengan Kampus Hotel Mediterranean Pemkab Bangli memberikan peluang bagi masyarkat Bangli yang ingin berkarir di dunia Pariwisata, baik perhotelan maupun kapal pesiar. Dukungan Pemkab Bangli ini diberikan melalui dana bergulir kepada masyarakat dengan bunga yang sangat rendah. Demikian disampaikan Bupati Made Gianyar saat memberi kuliah umum di Aula Kampus Mediterranean Bali di Bangli, Jumat (28/9).

Bupati Bangli I Made Gianyar menyampaikan, sektor pariwista merupakan pekerjaan yang cukup diminati oleh masyarakat Bali, sehingga untuk memberikan peluang bagi masyarakat Bangli yang ingin berkarir di dunia pariwisata, Pemkab Bangli pun telah menjalin kerjasama dengan Mediteranean Bali untuk bisa memfasilitasi masyarakat Bangli untuk bekerja di hotel maupun kapal pesiar.

Dukungan Pemkab Bangli ini diberikan melalui dana bergulir kepada masyarakat Bangli dengan bunga yang sangat rendah yakni hanya 6 % per tahun. Khusus untuk kapal pesiar pembayaran dapat dilaksanakan setelah mulai berkerja atau saat kembali dari luar negeri.

Disampaikan I Made Gianyar, berapa pun jumlah masyarakat Bangli yang ingin bekerja diluar negeri melalui Mediterranean Bali akan difasilitasi oleh Pemkab Bangli, meskipun program ini lebih ditujukan kepada masyarakat Bangli kurang mampu tapi berkeinginan kuat bekerja diluar negeri, sehingga mereka tidak perlu sampai menggadaikan tanah, sertifikat maupun benda lainnya.

“Banyak warga Bangli yang tidak tahu jika kesulitam dana untuk melanjutkan kuliah silahkan datang ke Pemda Bangli atau kampus Mediteraanean Bali di Bangli karena kita siapkan dana tetapi tidak gratis. Ada biaya pendidikan, biaya pengiriman untuk kerja ke kapal pesiar, kita siapkan dengan bunga rendah 6 persen. Rencananya mau kita turunkan dimana pemerintah Bangli yang mensubsidi bunganya sehingga masyarakat bisa bergulir untuk memanfaatkan dana ini. Asal warga Bangli mau sekolah maka tidak ada alasan sulit biaya,” terang I Made Gianyar seusai memberi paparan pada kulih umum.

Sementara, Direktur Mediterannean Bali, Gede Agus Arya Saputra didampingi Direktur Manager Kampus Mediterranean Bangli, Anak Agung Gede Darmawan menyampaikan terima kasih atas dukungan kerjasama dari program Pemkab Bangli dalam memberikan peluang bagi masyarakatnya untuk berkarir di dunia Pariwisata, baik di hotel maupun kapal pesiar melalui kerjasama kampus Mediterranean. Langkah ini merupakan terobosan yang baik demi meningkatkan SDM Pariwisata Bali khususnya asal Bangli dalam menjawab peluang dan tantangan dalam menghadapi persaingan global.

“Bupati I Made Gianyar telah memberikan dukungannya kepada kami dengan memberikan pinjaman lunak kepada para alumni Mediterranean Bali untuk berangkat ke kapal pesiar. Bahkan Pemda Bangli pun memberikan biaya kuliah dengan pinjaman yang sangat ringan kepada masyarakat Bangli yaitu para lulusan SMA/SMK dan Sederajat untuk meneruskan studinya meraih cita-cita bersama Mediterranean bali. Jadi ini erat kaitannya dengan program kami menuju ke mediterranean Bali hospitality and entrepreneur college pada tahun 2019, ” ujar Agus Arya.

Hal senada juga disampaikan Anak Agung Gede Darmawan selaku Manager Kampus Mediterranean Bangli. Dukungan dana bergulir dari Pemkab Bangli telah memberi manfaat bagi kemajuan karier lukusan Mediterranean Bali bekerja ke luar negeri, khususnya kapal pesiar.

“Saya selaku Kampus Manager Mediterranean cabang Bangli benar – benar merasakan support dari pemerintah Kabupaten Bangli dalam hal ini Bupati Bangli yang telah memberikan support kepada anak – anak didik kami berupa biaya kuliah, bantuan kepada siswa miskin dan biaya keberangkatan ke kapal pesiar dengan bungan yang sangat rendah. Adanya dukungan dari pemkab Bangli masyarakat masyarakat Bangli yang ingin masuk sekolah pariwisata tidak perlu lagi ke luar kota,” imbuhnya.

Selain menghadirkan Bupati Bangli sebagai pembicara dalam kuliah umum ini, kegiatan ini juga dihadiri Chairman of Medi Group Anak Agung Gede Abdiarta, beserta Putu Saras selaku perwakilan CTI Bali yang merupakan agen resmi penyalur tenaga kerja ke kapal pesiar.

Mediterranean Bali merupakan salah satu Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) di ibidang Hotel dan Kapal Pesiar yang terbaik di Indonesia dengan Memiliki empat kampus yaitu di Denpasar, Bangli, Karangasem dan Singaraja. Ditunjang gedung dengan fasilitas perkuliahan yang lengkap berstandar bintang serta didukung tim SDM dan pengajar yang kompeten dibidangnya membuat Mediterranean Bali tumbuh menjadi kampus Kapal Pesiar yang paling diminati masyarakat terutama generasi muda.(blt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here