Konjen Jepang di Denpasar Lepas 4 Orang Penerima Beasiswa Pemerintah Jepang Tahun 2018 Program S2 dan S3

Konjen Jepang di Denpasar Lepas 4 Orang Penerima Beasiswa Pemerintah Jepang tahun 2018 Program S2 dan S3
Foto : Konjen Jepang di Denpasar, Hirohisa Chiba (kiri) melepas 4 Orang penerima beasiswa Pemerintah Jepang tahun 2018 dari Bali, untuk program bahasa, S2 dan S3, Senin (17/9)

Buletin Dewata, Denpasar

Konsulat-Jenderal Jepang di Denpasar melepas mahasiswa penerima beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) untuk Program Pendidikan Bahasa Jepang, S2 dan S3, di Kediaman Dinas Konsul-Jenderal Jepang di Denpasar, Senin (17/9).

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia setiap tahun melaksanakan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho. Adapun program-program yang ditawarkan kepada siswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SMA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.

Saat ini sekitar 5400 siswa Indonesia tengah melanjutkan pendidikannya di Jepang. Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah mereka yang menerima beasiswa, baik dari pemerintah Jepang, instansi maupun perusahaan lainnya. Beasiswa Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan dinas.

Para penerima beasiswa untuk program pendidikan bahasa Jepang tahun 2018 dari Bali yaitu Ni Made Mia Septiarini Putri dan Ni Nyoman Ayu Devi Pragasuri yang merupakan mahasiswi Universitas Udayana, keduanya akan mengikuti program pemahiran berbahasa Jepang di perguruan tinggi di Jepang selama satu tahun. Sedangkan penerima beasiswa program S2 adalah Ni Luh Putu Miraheni yang merupakan lulusan STIBA Saraswati Denpasar, dan program S3 yaitu Yuliandari Putu yang merupakan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Konsul-Jenderal Jepang di Denpasar, Hirohisa Chiba, dalam kesempatan ini menyampaikan pesannya kepada para penerima beasiswa untuk memanfaatkan kesempatan belajar di Jepang dengan sebaik-baiknya. Diharapkan pada saat kembali dari Jepang mereka dapat berperan sebagai jembatan penerus hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia.

Sementara, Kepala Bidang Ketenagaan pada Dinas Pendidikan Provinsi Bali, I Wayan Suarna, menyampaikan rasa terima kasih atas beasiswa yang diberikan kepada para mahasiswi dari Bali, serta berharap para penerima beasiswa tersebut akan membagikan ilmu yang didapat di Jepang dan mempromosikan budaya Jepang saat kembali ke Bali.

Selain dihadiri oleh pejabat dari Dinas Pendidikan Provinsi Bali, acara pelepasan penerima beasiswa dari pemerintah Jepang ini disaksikan pengurus Persada (Persatuan Alumni dari Jepang) Bali serta akademisi perguruan tinggi asal para penerima beasiswa tersebut.(blt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *