Penyiapan Calon Kepala Sekolah Kabupaten Badung Tahun 2018

Penyiapan Calon Kepala Sekolah Kabupaten Badung Tahun 2018
Foto : Kadisdikpora Badung I Ketut Widia Astika menyematkan tanda peserta kegiatan Diklat Calon Kepala Sekolah Kabupaten Badung Tahun 2018, Senin (13/8).

Buletin Dewata, Badung.

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung menggelar kegiatan penyiapan Calon Kepala Sekolah Kabupaten Badung Tahun 2018. Acara tersebut dibuka Kadisdikpora Badung I Ketut Widia Astika, serta dihadiri Kepala LPPKS Indonesia, Narasumber/Assesor Yusnoini Agustina, St Nurjaningsih, Kabid Pembinaan Ketenagaan I Nyoman Suardana. Kegiatan ini dilaksanakan di Griya Agung Mahajaya Hotel dan Restaurant di Jl Cokroaminoto Denpasar, Senin (13/8).

Pelaksanaan Seleksi Akademik dimulai 13-15 Agustus 2018 diikuti sebanyak 59 orang teridiri dari Guru SD 37 orang dan Guru SMP 22 orang. Kadisdikpora Ketut Widia Astika dalam sambutannya mengatakan peningkatan kualitas pendidikan merupakan dambaan bagi suatu Bangsa, karena harkat dan martabat Bangsa dapat dilihat dari tinggi rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki. “Salah satu upaya Daerah untuk meningkatkan mutu tenaga pendidikan dengan kewenangan dalam pembinaan karier, maka salah satunya adalah pelaksanaan rekrutmen Kepala Sekolah sebagaimana diatur dalam Permendiknas No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah dan Permendiknas No. 28 Tahun 2010 tentang penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, yang mengamanatkan bahwa perlunya penataan kembali Sistem Rekrutmen dan Pembinaan Karier Kepala Sekolah agar diperoleh Kepala Sekolah yang kredibel dan berkompetensi, ” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Diklat Calon Kepala Sekolah merupakan kegiatan pemberian pengalaman pembelajaran teoritik maupun praktik yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan pada dimensi-dimensi kompetensi, kepribadian, managerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial.

Kabid Pembinaan Ketenagaan I Nyoman Suardana selaku panitia mengatakan, pendidikan merupakan landasan dasar dalam era global dengan segala peluang dan tantangannya. Dalam hal ini sekolah merupakan satuan pendidikan formal yang mempunyai tanggungjawab untuk mengembangkan pengetahuan sikap dan keterampilan seluruh warga sekolah. Tujuannya untuk memperoleh Calon Kepala Sekolah yang memenuhi persyaratan administrasi dan akademik sesuai ketentuan dan selanjutnya siap mengikuti pendidikan dan pelatihan penyiapan Calon Kepala Sekolah.

Mekanisme seleksi meliputi seleksi administrasi, kelengkapan dokumen guru sebagai Calon Kepala Sekolah. Seleksi akademik, yaitu penilaian Kepala Sekolah dan Pengawas, penilaian kinerja guru, makalah kepemimpinan dan penilaian potensi kepemimpinan. Setelah lulus Seleksi Akademik dilanjutkan dengan diklat.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *