Udayana International Student Day Angkat Indonesia’s Textile Heritage

Udayana International Student Day Angkat Indonesia's Textile Heritage

Buletindewata.com, Badung.

Kegiatan pertemuan mahasiswa asing dari berbagai negara di dunia kembali dilaksanakan Center for International Programs (CIP) Universitas Udayana (Unud). Acara yang dikemas lewat Udayana International Student Day kali ini mengangkat tema Indonesia’s Textile Heritage digelar di Area CIP Kampus Bukit Jimbaran, Rabu (25/4).

Director of Center for International Programs. Menurut Ni Putu Sri Harta Mimba, PhD., MSi., S.E., Ak.CA.CMA, menyampaikan Udayana International Student Day ini diselenggarakan tak lepas dari banyaknya mahasiswa internasional yang datang ke Bali dan menuntut ilmu di Udayana. Bahkan berdasarkan data yang ada di Udayana setahun ada 1596 mahasiwa internasional dan ini terbanyak di Indonesia. Pihak Udayana berupaya mengakomodir keinginan mahasiswa asing tersebut dengan memfasilitasinya melalui pertukaran budaya, sehingga mereka dapat melakukan kegiatan bersama mahasiswa Indonesia.

Dengan banyaknya mahasiwa internasional, maka Center for International Programs (CIP) Universitas Udayana (Unud) melakukan peningkatkan kerjasama melalui pola peningkatkan friendship dan networking. “Tujuan pertama dari International Student Day adalah untuk meningkatkan friendship di antara sekian banyak internasional student yang kita punya yang tergabung di masing-masing program, supaya mereka punya kesempatan bertemu, friendship dan networking, Kedua adalah diharapkan antara Indonesia student dengan Internasional student ada korelasi. Jadi mereka ada kontak, karena juga dilakukan performance yang dilakukan Indonesia student dengan mahasiswa internasional,” ujar Ni Putu Sri Harta Mimba.

Udayana International Student Day Angkat Indonesia's Textile Heritage

Melalui Udayana International Student Day yang bertema Indonesia’s Textile Heritage, CIP Unud berupaya memperkenalkan batik dan endek kepada para mahasiswa asing agar mereka mengetahui tentang keanekaragaman produk tekstile di Indonesia, khususnya Bali dengan kain batik endek dan kebaya. Mahasiwa CIP Unud yang didominasi dari negara Eropa, termasuk dari Belanda, Perancis, Swedia, Norwegia dan negara lainnnya dalam acara ini banyak yang menggunakan endek termasuk mengenakan busana pakaian adat Bali.

Lebih lanjut, Ni Putu Sri Harta Mimba menjelaskan acara Internasional Student Day ini tidak akan berhenti sampai perkenalkan tekstile Indonesia kali ini saja, namun ke depannya, akan dilaksanakan dengan lebih meriah terlebih bertepatan dengan diesnatalis. Kedepan pihaknya juga berencana akan menggekar lomba antar mahasiswa Indonesia dengan internasional student. “Intinya bahwa kita perkenalkan tekstile, batik, kebaya, endek dan bahwa kita punya budaya yang unik. Kita harap mereka menghargai dan mencintai itu semua,” tandas Ni Putu Sri Harta Mimba.

Sementara itu, Rektor Unud, Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp .S (K), yang turut hadir di acara Internasional Student Day ini mengharapkan hal yang sama bahwa selama mahasiswa asing mengikuti Center for International Programs (CIP) di Unud ini, mereka dapat lebih banyak mengenal kebudayaan Bali. “Kegiatan ini diharapkan dapat saling mengenalkan para mahasiswa, baik antara mahasiwa asing dengan mahasiswa lokal, maupun antar sesama mahasiswa asing sendiri. Diharapkan mereka mengetahui tentang tradisi dan budaya di Bali, baik mengenai produk-produk lokal Bali, baik tekstile maupun kulinernya,” ujarnya.

Diterangkan Raka Sudewi, Selain shortcourse yang dilaksanakan selama 4 sampai 5 bulan bagi mahasiswa asing, kedepannya pihak Udayana juga akan menjalin kerjasama lebih erat lagi dengan institusi asal mereka terutama terkait Tri Darma Perguruan Tinggi dibidang pendidikan melaui pertukaran mahasiswa, dan kerjasama dibidang riset dan penelitian serta publikasi.

Udayana International Student Day Angkat Indonesia's Textile Heritage

Udayana International Student Day kali ini mengangkat tema Indonesia’s Textile Heritage yang digelar di Area CIP Kampus Bukit Jimbaran juga menghadirkan stand-stand kuliner dan produk pakaian Bali. Acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi tarian budaya luar negeri, seperti India dan juga lagu-lagu barat dari Eropa dan mandarin. Acara ini juga dikombinasikan dengan peragaan model internasional student berbusana pakaian adat Bali.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *