BELAJAR 1 SEMESTER, MAHASISWA ASING TERIMA SERTIFIKAT BIPAS FIB UNUD

BELAJAR 1 SEMESTER, MAHASISWA ASING TERIMA SERTIFIKAT BIPAS FIB UNUD

Buletindewata.com, Badung.

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud), kembali menyerahkan sertifikat Bali Internasional Program on Asian Studies (BIPAS), kepada para mahasiswanya yang berasal dari mancanegara. kegiatan ini dilaksanakan di fakultas setempat, di kampus Unud Bukit Jimbaran, (17/12).

Sebanyak 240 mahasiswa dari 15 negara diantaranya Jerman, Finlandia, Swedia, Perancis, Belanda, Austria, Belgia, Swiss, Amerika, Rusia, Turki, Italia, Denmark, Australia dan Singapura mengikuti acara penyerahan sertifikat Bali Internasional Program on Asian Studies (BIPAS), di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana. Para mahasiswa BIPAS menerima sertifikatnya setelah menempuh pendidikan program BIPAS selama satu semester. Melalui program ini para mahasiswa dari mancanegara ilmu pelajaran bahasa Indonesia dan mendapat pelatihan tentang kebudayaan Bali.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unud, Sutjiati Beratha, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya Bali kepada masyarakat Internasional. “Program BIPAS ini untuk internasionalisasi pendidikan khususnya Fakultas Ilmu Budaya Unud yang mengacu kepada Permeristek Dikti, dimana diharapkan semua institusi melakukan internasionalisasi dan saat inilah Udayana sudah melakukan hal itu dengan jumlah mahasiswa setiap tahun hampir 400 dari BIPAS saja, belum lagi program kami yang lainnya seperti BIPA, PIA dan seterusnya. penyerahan sertifikat ini sudah masuk ke 17 kalinya yang berarti sudah 8 tahun lebih sudah kami lakukan,” ujarnya.

BELAJAR 1 SEMESTER, MAHASISWA ASING TERIMA SERTIFIKAT BIPAS FIB UNUD
Seperti diketahui, Program BIPAS didirikan pada tahun 2009 atas kerja sama FIB Unud dengan Asia Exchange dan diharapkan program BIPAS ini semakin berkembang dan diminati mahasiswa asing. “Kami yakin sekali bahwa disamping mereka akan menikmati Bali sebagai destinasi pariwisata, mereka juga belajar ke Bali tentang budaya. Dan tampaknya satu satunya fakultas yang memang menawarkan ilmu budaya itu adalah fakultas ilmu budaya Unud. Kami akan tetap melakukan inovasi kreativitas sehingga  mahasiswa asing senang belajar di Fakultas Ilmu Budaya Unud,” jelas Sutjiati.

Sistem pembelajaran yang digunakan dalam program BIPAS ini adalah memadukan pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas melalui kegiatan ceramah, diskusi dan workshop serta kunjungan budaya. Program BIPAS menyelenggarakan pembelajaran bagi mahasiswa asing yang memerlukan kredit yang dikenal dengan credit earning yang telah diakui di Universitas asal mahasiswa bersangkutan.(bud)

ke 17 tahun 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *