Jadi Destinasi Wisata Dunia, Bali Harus Memiliki Pengelolaan Kebencanaan yang Baik

Jadi Destinasi Wisata Dunia, Bali Harus Memiliki Pengelolaan Kebencanaan yang Baik

Buletin Dewata, Denpasar.

Bali sebagai destinasi wisata dunia sudah seharusnya mempunyai manajemen penanggulangan bencana yang baik. Terlebih adanya gunung aktif di Bali seperti Gunung Agung yang sewaktu – waktu bisa kembali erupsi dan menjadi bencana. Demikian ditegaskan Gubernur Bali Wayan Koster saat menjamu makan malam para peserta konferensi kebencanaan di Rumah Jabatan Jaya Sabha, Denpasar, Senin (13/1).

“Bali sebagai destinasi pariwisata dunia harus memiliki kesiapsiagaan yang lebih baik dalam menghadapi bencana, termasuk melakukan penanganan yang tepat saat terjadi maupun pascabencana. Semua pihak perlu memberikan perhatian serius dan komitmen untuk menangani kebencanaan secara baik khususnya di Provinsi Bali,” tegas Koster.

Ditambahkan, agar Bali mampu menjadi determinan penyelenggaraan kepariwisataan yang berkualitas. Dengan adanya jaminan dalam pengelolaan kebencanaan yang baik, maka wisatawan yang datang akan mendapat jaminan penanganan yang baik, jika Bali mengalami bencana.

“Menurut saya, kebencanaan ini harus dijadikan sebagai perencanaan dan satu pendekatan pembangunan yang holistik supaya kita tidak sampai tidak punya kesiapan jika tiba-tiba terjadi bencana. Siap dari sisi keorganisasian, kemudian sarana-prasarana, sumber daya manusia dan sistem untuk mengelolanya,” imbuhnya

Pada kesempatan ini, Wakil Rektor ITB, Miming Miharja menyampaikan jika acara konferensi di bidang kebencanaan ini merupakan rangkaian kegiatan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam rangka menyongsong 100 tahun sekolah pendidikan tinggi teknik di Indonesia.

“Tema kebencanaan ini merupakan salah satu perihal yang sangat strategis. Sebagaimana yang kita ketahui Indonesia terletak pada ring of fire dengan tantangan bencana yang luar biasa. Kita menyaksikan bagaimana BNPB bekerja dengan sangat keras untuk mengatasi berbagai masalah. Nah harapannya ITB bersama perguruan tinggi lain termasuk dari Udayana bisa merumuskan hal-hal yang penting sebagai masukan BNPB dan tentu kita semua,” pungkasnya.

Dilaksanakannya konferensi terkait kebencanaan di Bali. Gubernur Koster menyambut baik dan juga berharap agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Hadir pada kesempatan ini, Menteri KPPN/Bappenas RI Suharso Monoarfa, Kepala BNPB Doni Monardo.(blt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *