Gubernur Koster Minta Pelayanan Wisatawan di Bandara Ngurah Rai Bali “Zero Complaint”

Gubernur Koster Minta Pelayanan Wisatawan di Bandara Ngurah Rai Bali "Zero Complaint"
Foto : Gubernur Bali, Wayan Koster gelar rapat koordinasi dengan stakeholder Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, di Rumah Jabatan Jaya Sabha, Denpasar, Kamis (26/12).

Buletin Dewata, Denpasar.

Gubernur Bali, Wayan Koster mengingatkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan wisatawan di Bali sangat penting untuk diperhatikan. Pelayanan wisatawan diminta zero complaint, mengingat ketidaknyamanan yang dialami wisatawan dapat berdampak terhadap citra pariwisata Bali secara keseluruhan. Hal tersebut diungkapkan saat rapat koordinasi dengan stakeholder Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jaya Sabha, Denpasar Kamis (26/12).

“Menghadapi akhir tahun, akan terjadi lonjakan wisatawan ke Bali. Untuk itu harus dipersiapkan dengan baik. Saya tidak ingin ada keluhan dari para wisatawan terkait ketidaknyamanan pelayanan selama masa liburannya di Bali. Kita tidak ingin ada ketidaknyamanan yang meskipun kecil, bisa berdampak luas terhadap citra kita sebagai destinasi wisata internasional,” tegas Gubernur Koster.

Dengan prediksi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya, Wayan Koster juga meminta manajemen pelayanan harus dapat diubah menjadi pola yang lebih baik. Mulai dari layanan imigrasi, bea cukai, bagasi hingga akses dari dan ke bandara yang harus mendapat perhatian khusus, terutama menyangkut arus lalu-lintas di sekitar areal bandara yang kerap masih mengalami kemacetan.

“Tolong untuk lebih ditertibkan titik-titik kepadatan lalu-lintas, juga alternatif-alternatif pengurai kemacetan dengan berkoordinasi bersama pihak keamanan. Juga untuk selalu memantau pintu tol, karena juga rentan terjadi penumpukan kendaraan,” harap Wayan Koster.

Herry AY Sikado selaku General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Ngurah Rai yang hadir dalam rakor tersebut menjelaskan bahwa pihaknya telah senantiasa meningkatkan pelayanan di berbagai aspek. Termasuk dalam menghadapi arus libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), telah disiagakan Posko Terpadu Angkutan Nataru di Terminal Domestik termasuk pelayanan kesehatan.

Meningkatkan pengamanan Nataru kali ini, pengelola Bandara Ngurah Rai telah menyiagakan tenaga Airport Security sekitar 1.169 personel. Dimana jumlah itu masih ditambah dengan bantuan personel dari TNI AU Ngurah Rai, Polsek Kawasan Udara, Unit K-9 dari Polda Bali serta Pecalang Desa Tuban. “Kami juga berupaya meningkatkan pelayanan di berbagai aspek, serta melakukan cek berkala di seluruh sarana dan prasarana pendukung pelayanan,” tandas Herry.

Ditambahkan, untuk mengantisipasi gangguan pada sumber daya listrik, pihaknya telah menjalin kerjasama dan koordinasi dengan PLN, untuk menambah pasokan listrik ke Bandara Ngurah Rai hingga 30 persen. Selain itu, telah disiapkan pula sarana berupa UPS dan genset yang akan beroperasi secara otomatis ketika terjadi gangguan listrik.(blt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *