Kawasan Agro Techno Park Belok Sidan diharapkan jadi Objek Wisata Baru di Badung Utara

Kawasan Agro Techno Park Belok Sidan diharapkan jadi Objek Wisata Baru di Badung Utara

Buletin Dewata, Badung.

Guna membangun sektor pertanian di kawasan Badung Utara, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mencanangkan membangun Agro Techno Park (ATP) diatas lahan seluas 14, 8 Hektar yang disewa oleh Pemda selama 10 tahun di Desa Belok Sidan. Demikian disampaikan Kepala Badan Litbang I Wayan Suambara, selaku Ketua TIM Koordinasi Pembangunan dan Pengembangan Agro Techno Park saat meninjau Lokasi, Minggu ( 1/12 ).

Menurut I Wayan Suambara, selama 10 tahun tersebut Pemda Badung akan mengedukasi dan memberdayakan petani sekaligus melakukan transformasi dari pola pertanian tradisional menjadi petani modern yang berjiwa enterpreneur. “Dalam kawasan Agro Techno Park ini, icon yang akan kita kembangkan adalah tanaman kopi sehingga nanti akan menyesuaikan dengan tumbuhan- tumbuhan kopi yang dimiliki oleh masyarakat di kawasan ini,” terangnya.

Dikatakan, pemerintah Badung berkeinginan petani nantinya dapat menjadi pemilik dari Agro Techno Park melalui konsep pembangunan jangka panjang. Untuk itu, pada akhir masa sewa nanti para petani yang tanahnya disewa oleh pemkab diupayakan dapat membentuk sebuah badan usaha di sektor pertanian, baik berbentuk koperasi yang berbadan hukum sehingga nantinya dapat bekerja sama dengan Perusahan Umum Daerah (Perumda) dari pemkab setempat. Kedepan kawasan Agro Techno Park diharapkan pula mampu menjadi obyek wisata baru di wilayah Badung Utara.

“Jadi koperasi petani dengan Perumda ini akan membentuk satu badan usaha yang diharapkan nanti bisa mengelola kawasan Agro Techno Park ini termasuk ada kegiatan- kegiatan bisnis yang dilakukan di dalamnya diantaranya kawasan pariwisata, pusat kuliner atau pengembangan UMKM. Yang jelas Pemerintah Daerah berharap keberadaan Agro Techno Park ini memberikan multi player efek bagi masyarakat di kawasan ini,” pungkasnya.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *