Bali Masuk Daftar Destinasi untuk Tidak Dikunjungi Tahun 2020, Versi Fodor’s Travel

Bali Masuk Daftar Destinasi untuk Tidak Dikunjungi Tahun 2020, Versi Fodor's Travel

Buletin Dewata, Denpasar.

Media asal Amerika Serikat (AS), Fodor’s Travel meluncurkan daftar destinasi untuk dikunjungi dan lebih baik dipertimbangkan untuk tidak dikunjungi pada 2020. Menariknya dalam daftar destinasi yang lebih baik dipertimbangkan untuk tidak dikunjungi pada 2020 atau Fodor’s No List 2020, mencantumkan nama Pulau Dewata Bali sebagai salah satu destinasi dalam daftar tersebut, pada pemberitaannya tertanggal 13 November 2019.

Fodor’s Travel memasukkan Bali dalam kategori “The Places That Don’t Want You (or Want You in Smaller and Better Doses)”. Dikutip dari situs Fodors.com, Selasa (19/11), Bali disebutkan masuk dalam No List lantaran Bali dinilai sebagai pulau yang paling banyak dikunjungi di Indonesia telah menderita menderita efek overtourism dalam beberapa tahun terakhir. Indikasinya terlihat pada kondisi darurat sampah yang dideklarasikan pada 2017 lalu. Saat itu, sampah plastik dalam volume besar mengotori perairan dan pantai di Bali. Badan Lingkungan Hidup Bali mencatat pulau tersebut memproduksi sampai 3.800 ton setiap hari, dan hanya 60 persennya yang sampai di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Bali Masuk Daftar Destinasi untuk Tidak Dikunjungi Tahun 2020, Versi Fodor's Travel

Disampaikan pula akibatnya, pemerintah daerah resmi melarang penggunaan plastik sekali pakai yang meliputi kantong kresek, styrofoam, dan sedotan plastik, di seluruh wilayah Bali, pada Desember 2018. Pada tahun ini, DPRD setempat sedang mengusulkan aturan pajak turis sebesar 10 dolar AS per orang untuk mengerem masalah kebanyakan wisatawan tersebut. Di sisi lain, pariwisata di Bali berdampak pada kelangkaan air sebagai akibat berdirinya vila-vila mewah dan lapangan golf. Tidak hanya itu, Bali juga kerap mengalami masalah dari para turis yang sering berlaku tidak sopan di situs suci hingga di tempat-tempat ibadah.

Bali Masuk Daftar Destinasi untuk Tidak Dikunjungi Tahun 2020, Versi Fodor's Travel

Selain Bali, destinasi lain di Indonesia yang masuk dalam daftar No List atau lebih baik dipertimbangkan untuk tidak dikunjungi pada 2020 adalah Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Komodo juga dimasukkan dalam daftar tersebut tetapi dalam kategori berbeda, yakni Lokasi yang menerapkan pajak turis lebih besar. Dalam kategori ini juga terdapat Kepulauan Galapagos, Ekuador, di dalamnya. Wisata ke Pulau Komodo juga dianggap dapat menganggu kelestarian habitat komodo yang ada di sana, mulai dari perburuan liar hingga turis yang kerap nekat memberi makan.

Selain Bali dan Komodo masih ada destinasi terkenal lain di dunia yang tidak disarankan oleh Fodor’s Travel untuk dikunjungi pada 2020. Destinasi terebut seperti Angkor Wat di Kamboja, Hanoi Train Street atau jalur kereta di Hanoi, Vietnam, Barcelona di Spanyol, dan Big Sur di California. No List atau daftar destinasi lebih baik dipertimbangkan untuk tidak dikunjungi dari Fodor’s Travel berfokus pada isu lingkungan, etika, dan terkadang politik.(blt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *