Disperinaker Badung Serahkan 3000 Sertifikat Kompetensi Pekerja Pariwisata

Disperinaker Badung Serahkan 3000 Sertifikat Kompetensi Pekerja Pariwisata
Foto : Kadis Perinaker Badung, I.B Oka Dirga (tengah) bersama perwakilan peserta dari industri pariwisata Badung.

Buletin Dewata, Badung.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Kadisperinaker) Kabupaten Badung, I.B Oka Dirga menyerahkan Sertifikat Kompetensi kepada 3000 pekerja di sektor pariwisata. Para penerima sertifikat tersebut merupakan peserta Uji kompetensi tahun 2019 yang terdiri dari 2000 peserta baru dan 1000 peserta Perpanjangan Sertifikat.

“Saya berharap melalui uji kompetensi yang telah dilaksanakan dapat mewujudkan tenaga kerja di bidang pariwisata yang handal dan mampu bersaing baik dengan tenaga kerja lokal maupun tenaga kerja asing,” ujar I.B Oka Dirga di Ruang Rapat PMD Kabupaten Badung, Senin (28/10).

Uji kompetensi merupakan wujud kontribusi yang diberikan Pemerintah Kabupaten Badung kepada para pekerja pariwisata atas kontribusi sektor pariwisata terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sejak tahun 2011 sampai dengan 2019 Diisperinaker Badung mencatat sebanyak 43.000 naker telah tersertifikasi dengan biaya mandiri, dan sebanyak 12.465 orang dengan biaya dari APBN dan APBD Kabupaten Badung.

Uji kompetensi yang dilaksanakan pada tahun 2019 meliputi 7 bidang yakni Tata Graha, Tata Boga, Tata Hidangan, Front Office (FO), Pemandu Wisata, Engineering, dan Spa.

“Kedepan Uji Kompetensi akan dilaksanakan secara berlanjutkan, bekerjasama dengan para penguji dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) seperti LSP Pariwisata Bali (Par.Bali), LSP Engineering Hospitality, dan LSP Pariwisata Indonesia (Parindo),” imbuh I.B. Oka Dirga.

Corporate Training Manager – East Archipelago International, Yeni Nofian Hendriyani yang merupakan salah satu perwakilan dari perusahaan penerima sertifikat kompetensi sangat mengapresiasi kegiatan uji kompetensi yang mampu membebaskan pesertanya dari biaya.

“Kegiatan ini mampu meningkatkan keahlian masing-masing karyawan. Semoga kedepan Pemkab Badung akan meningkatan kuota gratis uji kompetensi dan bisa membuka bidang uji kompetensi lainnya seperti Sales Marketing, Informasi dan Teknologi, HRD, Tenaga Keamanan, dan bidang lainnya,” harapnya.(blt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *