Suksma Bali 2019 Siap Gelar Kembali “World Clean Up Day” Serentak di Seluruh Bali

Suksma Bali 2019 Siap Gelar Kembali "World Clean Up Day" Serentak di Seluruh Bali
Foto : Press Confetence kegiatan Suksma Bali 2019 di Hotel Sovereign Bali, Tuban, Jumat (30/8).

Buletin Dewata, Badung.

Sebagai refleksi rasa syukur dan terima kasih kepada alam Bali, Paiketan Krama Bali kembali mengajak semua stakeholders untuk mengekspresikan rasa terima kasihnya melalui gerakan Suksma Bali tahun 2019. Kegiatan Suksma Bali mendapat dukungan penuh Pemerintah Provinsi Bali dalam upaya menjaga kelestarian alam sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Gerakan Suksma Bali 2018 telah sukses berjalan baik atas dukungan semua pihak. Mengambil tema, “Memuliakan Air”tahun ini gerakan Suksma Bali 2019 akan dikolaborasikan dengan program program Pemerintah untuk bersama sama berterima kasih kepada Bali dalam bentuk Suksma Parahyangan, Suksma Pawongan dan Suksma Palemahan.

Ketua Gerakan Suksma Bali 2019, I Gusti Agung Ngurah Darma Suyasa menyampaikan ada 3 kegiatan utama yang akan dilaksanakan gerakan Sukma Bali. Pertama adalah kegiatan “World Cleanup Day” yang dilaksanakan serentak di 9 kabupaten/kota se-Bali pada tanggal 21 September 2019. Kedua, kegiatan simposium dengan tema menjaga dan menyelamatkan keberlangsungan air Bali. Ketiga di penghujung tahun akan diadakan social dan charity dinner yang dirangkai dengan penganugrahan award kepada tokoh – tokoh yang telah berkontribusi besar kepada Bali.

“Dalam aksi bersih – bersih nanti, akan dilaksanakan di seluruh kabupaten kota se-Bali termasuk sungai dan pantai serta akan melibatkan seluruh industri pariwisata, pariwisata, dunia pendidikan, LSM, dan masyarakat umum. Kegiatan bersih-bersih ini akan dilaksanakan di 70 titik, dengan target melibatkan sekitar 50 ribu lebih peserta. Ini wujud suksma yaitu terima kasih kepada alam lingkungan Bali,” ungkapnya saat konferensi pres terkait Suksma Bali, di Hotel Sovereign Bali, Jumat (30/8).

Suksma Bali 2019 Siap Gelar Kembali "World Clean Up Day" Serentak di Seluruh Bali
Foto : Ketua Gerakan Suksma Bali 2019, I Gusti Agung Ngurah Darma. Suyasa

Ketua Umum Paiketan Krama Bali, Ir. Anak Agung Suryawan Wiranatha, menegaskan bahwa Suksma Bali merupakan ucapan terima kasih dalam bentuk program kegiatan, yang salah satunya “World Clean Up Day” secara serentak diseluruh Bali. Dikatakan, secara formal Suksma Bali sudah resmi didukung langsung oleh Pemerintah Provinsi Bali, untuk itu gelaran Suksma Bali tahun ini diharapkan bisa mengumpulkan lebih banyak lagi pihak – pihak yang terlibat.

“Dari yang sudah kita pernah capai tahun lalu yaitu 27 ribu peserta dalam waktu bersamaan. Kedepannya kita berharap Suksma Bali ini menjadi milik publik yang artinya pemerintah dapat memprogramkan secara tahunan, sehingga siapapun yang akan menjadi ketua panitia sudah tidak pusing lagi karena koordinasinya sudah dibuatkan SOP, tinggal melaksanakannya. Dan Sesuai tema yang diangkat tahun ini, kita konsen terhadap kondisi air yang ada di Bali. Karena memang manusia hidup tidak terlepas dari air bersih terutama industri pariwisata yang banyak sekali memanfaatkan air bersih,” tandasnya.

Dalam aksi Suksma Bali tahun 2019, Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA) chapter Bali, kembali mendapatkan kepercayaan untuk mengemban tugas ini. Ramia Adnyana selaku Wakil Ketua IHGMA, menyatakan sangat siap mendukung kegiatan Suksma Bali. Dimana untuk tahun ini, pihaknya bersedia melibatkan lebih banyak lagi anggota IHGMA dalam Suksma Bali.

“Melalui kegiatan ini Bali pun bisa menunjukkan kelas dan kualitas sebagai destinasi dunia. Kita bersama – sama komit untuk menjaga lingkungan Bali, destinasi Bali agar tetap suistainable agar menjadi tujuan pariwisata yang berkualitas. IHGMA selalu siap berada di depan didalam menjaga produk yang berkualitas demi keajegan destinasi Bali,” ujarnya.

Suksma Bali 2019 Siap Gelar Kembali "World Clean Up Day" Serentak di Seluruh Bali
Foto : Wakil Ketua IHGMA, I Made Ramia Adnyana.

Sementara itu, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI ) Bali, I.B. Partha Adnyana yang turut hadir mengatakan meskipun GIPI Bali bukan sebagai pengambil inisiatif kegiatan ini, namun pihaknya sangat mendukung segala bentuk upaya untuk memajukan kepariwisataan Bali “Kami di GIPI Bali sangat mendukung ini. Nah inilah suatu bukti bahwa kita hand to hand bekerjasama dimana pemerintah dan kita swasta atau apapun organisasi lainnya harus berbuat bersama-sama demi kebaikan Bali. Karena keterbatasan anggaran, nanti gimana caranya GIPI Bali bisa masuk, namun yang paling penting di penggalian dana nantinya, karena paling tidak kita ada dana abadi dalam hal ini,” tuturnya.

Turut hadir dalam k9nferensi pers, Plt Kadis Pariwisata Provinsi Bali I Putu Astawa, Kadis Pariwisata Kota Denpasar M A Dezire Mulyani, Kadis Pariwisata Kabupaten Badung I Made Badra, Ketua PHRI Badung I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya, Praktisi Pariwisata Yoga Iswara, dan para pelaku pariwisata lainnya. Di penghujung tahun, Suksma Bali juga akan melaksanakan “Social and Charity Dinner”, yang diisi dengan penganugerahan award kepada tokoh-tokoh yang memberikan kontribusi besar kepada Pulau Bali.(blt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *