PD FSP PAR SPSI Bali Imbau Anggotanya Manfaatkan Layanan Digital BPJS

PD-FSP-PAR-SPSI-Bali-Imbau-Anggotanya-Manfaatkan-Layanan-Digital-BPJS.jpg
Foto : Sosialisasi manfaat program dan layanan digital BPJS di Gedung SPSI Bali, Selasa (9/7).

Buletin Dewata, Denpasar.

Federasi Serikat Pekerja Pariwisata Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP PAR SPSI) Bali, menggelar rapat rutin dengan Pengurus Cabang (PC) Kabupaten/Kota dan Pengurus Unit Kerja (PUK) unit se-Bali, di Gedung SPSI, Jalan Gurita I, no.6 Denpasar, selasa (9/7). Rapat yang diisi agenda sosialisasi manfaat dan layanan program BPJS di era digital, menghadirkan Asisten Deputi Wilayah Bidang Pelayanan BPJS ketenegakerjaan Bali Nusa Tenggara dan Papua (Banuspa), Sang Made Sumadi Adnyana.

Ketua PD FSP PAR-SPSI Provinsi Bali, Putu Satyawira Marhaendra menyampaikan bahwa di era digital semua manfaat dari program BPJS bisa didapatkan dengan kemudahaan menggunakan ponsel pintar atau smartphone. Meski demikian, diakuinya banyak anggotanya yang belum terbiasa berinteraksi dengan adanya aplikasi dari kecanggihan teknologi. Untuk diketahui oleh semua anggota maka hal ini harus disosialisasikan terlebih dahulu kepada para pengurus.

Kedepan, pihaknya berharap melalui sosialisasi kali ini maka tidak akan ada lagi timbulnya salah pengertian tentang bagaimana pemanfaatan program BPJS, baik kesehatan maupun ketenagakerjaan. “Hal inilah yang perlu kami sampaikan. Jangan sampai ada yang komplain lagi jika menarik JHTnya, karena sudah era digital, dan sudah ada call centernya. Inilah yang perlu kami sampaikan kepada jajaran pengurus se-Provinsi Bali dan harapan kami hal ini bisa diteruskan ke seluruh anggota,” paparnya.

PD FSP PAR SPSI Bali Imbau Anggotanya Manfaatkan Layanan Digital BPJS
Call Center BPJS Ketenagakerjaan, 175.

Merespon hal tersebut, Asisten Deputi Wilayah Bidang Pelayanan BPJS ketenegakerjaan Bali Nusa Tenggara dan Papua (Banuspa), Sang Made Sumadi Adnyana menjelaskan, dalam memasuki era 4.0, semua layanan akan mengarah ke layanan digital. Layanan tersebut semakin memudahkan dimana seseorang tidak perlu lagi mendatangi kantor BPJS untuk mendaftar dan memanfaatkan segala program BPJS.

“Kami mencoba mendekati peserta supaya mereka lebih dimudahkan pelayanannya sehingga tidak terkesan sampai antri datang ke kantor, meluangkan banyak waktu. Melalui dengan akses website saja semua persoalan pelayanan bisa terjawab,” pungkas Sumadi.

Ditambahkan, BPJS juga memiliki program perumahan yang perlu juga diketahui dan dimanfaatkan masyarakat, khususnya pekerja. Kedepannya seluruh pekerja akan diupayakan bisa memperoleh program jaminan sosial ketenagakerjaan dalam turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Program utamanya ada 4, jaminan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun. Tetapi juga ada manfaat lain seperti program perumahan. Nah, inikan sebenarnya sangat perlu dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya pekerja yang ketika kerja belum punya rumah dengan suku bunga yang lebih rendah dari pada suku bunga yang berlaku di bank pada umumnya,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Denpasar, Bali, Novias Dewo juga turut memaparkan tentang bagaimana pelayanan BPJS dan penggunaan kartu digital. Saat ini BPJS telah mendigitalisasi layanan baik melalui website ataupun aplikasi android ‘BPJSTKU’ yang bisa didownload di playstore.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *