Dukung Pariwisata, Koster Kembangkan Transportasi Terintegrasi di Bali

Dukung Pariwisata, Koster Kembangkan Transportasi Terintegrasi di Bali

Buletin Dewata, Denpasar.

Pariwisata yang bagus pastinya harus ditunjang dengan infrastruktur yang memadai. Pembangunan beberapa shortcut dilakukan guna memudahkan wisatawan berwisata di Bali, Demikian disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster dalam rapat bersama pelaku pengelola pariwisata di Ruang Rapat Praja Sabha, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Jumat (24/5).

“Kita harus bangun jalan by design, bukan by accident. Seperti contoh dulu ada APEC bangun jalan tol, ada IMF bangun underpass. Itu hanya menyelesaikan masalah jangka pendek, bukan jangka panjang. Jadi sekarang kita desain infrastruktur Bali agar memadai hingga tahun-tahun berikutnya,” ujar Koster di hadapan pelaku pariwisata Bali.

Koster menjelaskan menunjang kepariwisataan Bali melalui penyediaan sarana transportasi. Saat ini Pemprov Bali telah mengembangkan sistem transportasi yang terintegrasi hingga menyentuh semua wilayah, terutama daerah wisata di Bali.

“Sebagai langkah awal kita kembangkan jaringan kereta api dari bandara ke beberapa daerah tujuan wisata. Ini untuk memudahkan para wisatawan, terutama bagi mereka yang terburu-buru ingin menuju ke bandara, dan sebaliknya,” ucap pria kelahiran Buleleng itu.

Menyinggung tentang masalah kontribusi wisata yang dibayar wisatawan untuk ikut serta menunjang pariwisata dan alam Bali, Gubernur Koster masih harus dicarikan regulasi dan bentuknya. Dengan demikian, para wisatawan datang ke Bali nantinya juga ikut memberikan kontribusi terhadap alam dan budaya Bali.

Gubernur menyatakan bahwa pihaknya sangat mendukung sistem pariwisata yang sejalan dengan visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, guna menjaga keseimbangan alam Bali beserta isinya. Mengenai sesuatu yang masih diperlukan untuk kemajuan pariwisata, Gubernur Koster mempersilahkan para pelaku pariwisata untuk mendiskusikan. “Kalau dirasa bagus dan bermanfaat untuk Bali, saya akan pikirkan segi regulasinya,” tandasnya.

Ada beberapa poin yang akan didiskusikan terkait masalah pariwisata di Bali, antara lain permasalahan toko ilegal, implementasi Pergub No.79 dan 80, festival-festival di Bali serta website pariwisata Bali yang bertujuan untuk mempromosikan Pulau Dewata.

Wagub Cok Ace menjelaskan bahwa untuk masalah website pariwisata Bali itu sangat diperlukan. Selain untuk mempromosikan Bali juga memudahkan wisatawan menjangku tempat wisata, hotel dan restoran. Sekarang zaman digital, jadi semua informasi harus bisa diakses melalui telepon ‘pintar’.

Website tersebut nantinya juga bisa berupa keterangan ataupun pemberitahuan tentang keadaan terkini di Indonesia khususnya Bali. “Seperti kejadian baru-baru ini demonstrasi di Jakarta ataupun jika Gunung Agung meletus. Dalam website tersebut akan ada keterangan resmi dan informasi valid, sehingga wisatawan tidak mendapatkan informasi yang simpang siur,” papar Cok Ace seraya berharap rapat seperti ini bisa berlangsung secara rutin, sebulan sekali atau dua bulan sekali.(blt)

Satu tanggapan untuk “Dukung Pariwisata, Koster Kembangkan Transportasi Terintegrasi di Bali

  • 19 Juni 2019 pada 10:22
    Permalink

    Fantastic blog! Do you have any tips for aspiring writers?
    I’m planning to start my own blog soon but I’m a little lost on everything.

    Would you suggest starting with a free platform like WordPress or go for a paid option? There are so
    many options out there that I’m completely overwhelmed ..

    Any recommendations? Thanks a lot!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *