Pekerja Pariwisata FSP PAR – SPSI Badung Diminta Mampu Jawab Peluang dan Tantangan Revolusi Industri 4.0

Pekerja Pariwisata FSP PAR - SPSI Badung Diminta Mampu Jawab Peluang dan Tantangan Revolusi Industri
Foto : Bupati Badung serahkan hadiah jalan santai serangkaian peringatan Hari Buruh Internasional (May Day), di Puspem Badung, Jumat (17/5).

Buletin Dewata, Badung.

Para buruh pekerja pariwisata di Bali diminta tidak hanya berpaku pada pekerjaan rutinitas dalam menghadapi masuknya revolusi industri 4.0 yang tak dapat dihindari. Kecanggihan teknologi diharapkan bisa dimanfaatkan para pekerja pariwisata dalam upaya meningkatkan kesejahteraan kaum buruh pekerja dan keluarganya.

Selaku Kepala Daerah di Kabupaten Badung, Bupati I Nyoman Giri Prasta mendorong para buruh pekerja melalui komunitas serikat pekerja pariwisata dapat melangkah lebih maju dalam menghadapi tantangan dan peluang revolusi industri 4.0. Kemajuan teknologi hendaknya mampu mendorong pekerja pariwisata untuk mengembangkan diri dalam upaya peningkatan kesejahtetaan.

“Hal ini bukan dalam artian berhenti dari pekerjaan, tidak. Tapi melakukan gerak langkah yang lebih baik lagi. Karena itu saya tekankan kepada pekerja pariwisata untuk tidak berpuas diri di satu titik saja. Ketika di satu titik lain bisa dikembangkan untuk pekerjaan yang lebih baik kenapa tidak dilakukan. Dan saya selaku pemerintah wajib untuk mengayomi hal itu, ” ujar Giri Prasta saat peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) yang diadakan Pemkab Badung, Jumat (17/5) di Lapangan Puspem Badung.

Menanggapi hal tersebut, Ketua PC FSP PAR-SPSI Kabupaten Badung, Putu Satyawira Marhaendra sangat mengapresiasi dorongan motivasi yang disampaikan Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta yang menghendaki adanya peningkatan kesejahteraan dan kemajuan bagi pekerja pariwisata Bali, khususnya di Badung.

Ia pun menghibau para pekerja pariwisata Bali untuk bisa beradaptasi dengan kecanggihan teknologi melalui penguasaan penggunaan internet. Menurutnya, selain tantangan yang dihadapi di era revolusi industri 4.0 juga memberikan peluang yang diharapkan dapat dimanfaatkan para pekerja pariwisata dalam upaya meningkatkan kesejahteraan hidup.

“Kita sebagai pekerja pariwisata jangan berpaku pada pekerjaan rutinitas kita, dengan menggunakan kecanggihan teknologi kita bisa menambah penghasilan dan dari sini kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan sehingga tidak hanya mengandalkan dari pekerjaan utama kita sebagai pekerja di perusahaan masing- masing,” tutur Satyawira.

Peringatan May Day yang digelar Pemkab Badung melalui acara jalan sehat, diikuti peserta dari PC FSP PAR – SPSI Badung yang menerjunkan sekitar 853 orang anggota  yang tersebar di 39 perusahaan di Kabupaten Badung. Mengambil tema “May Day Together We Grow” diharapkan pekerja, pengusaha dan pemerintah dapat tumbuh dan bersinegi bersama-sama. Jalan santai yang dilepas Bupati Giri Prasta diisi dengan pengundian hadiah utama berupa 3 unit sepeda motor dan door prize uang tunai sebesar Rp.5.000.000 yang merupakan sumbangan spontanitas dari Bupati dan Wakil Bupati Badung. Hadiah lainnya berupa handphone, sepeda gunung, kulkas, TV LED dan voucher belanja gratis.

Peserta yang beruntung memenangkan undian dan door prize 3 unit sepeda motor N MAX adalah Ni Nyoman Noviyanti Andayani (Anggota FSP PAR – SPSI Unit The Legian), Made Sukarta Jaya (Anggota FSP PAR – SPSI Unit Bali Tropic) dan Nyoman Budiasa (Anggota FSP PAR – SPSI Unit Melia Bali). Sedangkan sumbangan door prize berupa uang tunai diperoleh I Made Darsana (Anggota FSP PAR – SPSI Unit The Jayakarta Bali), Ni Wayan Sukanadi (Anggota FSP PAR – SPSI Unit The Oberoi Bali) dan I Wayan Sariana (Anggota FSP PAR – SPSI Unit Hotel Puri Raja).(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *