Peringati Hari Buruh Internasional “May Day”, PD FSP PAR – SPSI Bali Gelar Diklat Kader

0
Peringati hari buruh internasional May Day, PD FSP PAR - SPSI Prov. Bali gelar diklat kader
Foto : PD FSP PAR – SPSI Bali menggelar diklat kader di Gedung SPSI Provinsi Bali di Jalan Gurita I No. 6 Denpasar, Sabtu (4/5).

Buletin Dewata, Denpasar.

Pengurus Daerah Federasi Serikat Pekerja Pariwisata, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PD FSP PAR-SPSI) Bali bersama Pengurus Cabang (PC) FSP PAR-SPSI Kabupaten/ Kota se – Bali peringati Hari Buruh Internasonal atau dikenal May Day dengan menggelar Pendidikan dan Latihan (diklat) bagi para calon Pengurus dan kordinator pekerja (Koker).

Diklat yang berlangsung selama 2 hari di Gedung SPSI Provinsi Bali di Jalan Gurita I No. 6 Denpasar, Sabtu (4/5), diikuti peserta yang merupakan Pengurus Unit Kerja (PUK) FSP PAR – SPSI di masing – masing hotel antara lain Hotel Puri Raja Legian, Prama Sanur Beach, The Oberoi Bali Seminyak dan Bali Cruises Nusantara Benoa Denpasar

Wakabid Kaderisasi dan Kompentensi PD FSP PAR-SPSI Bali, Putu Gunanta Yadnya, S.H, mengatakan diklat ini dilaksanakan untuk meregenerasi kepengurusan sekaligus untuk meningkatkan kemampuan para kader pengurus dalam membela, melindungi dan memperjuangkan aspirasi anggotanya melalui mekanisme aturan organisasi.

“Tujuan dari kegiatan ini tiada lain dan tiada bukan agar kita dapat memberikan pemahaman para pengurus serikat pekerja ini untuk memahami perundang-undangan yang berlaku di dalam mekanisme organisasi itu sendiri sehingga mereka bisa mengimplementasikan dalam pekerjaan mereka sehari-hari. Kami harap mereka yang mengikuti diklat pada hari ini bisa dipraktikan di PUKnya sendiri,” ujarnya.

Ketua PUK Hotel Puri Raja Legian, Nengah Sudiana menuturkan dengan mengikuti diklat wawasan dapat menambah wawasannya selaku pengurus.”Diklat ini menambah wawasan kami dalam kepemimpinan kepengurusan organisasi di perusahaan. Apa yang dapat kami cerna dalam diklat ini nantinya akan kami paparkan dan sekaligus sebagai bekal kami menjalankan kepengurusan dalam suatu perusahaan,” tuturnya.

Peringati hari buruh internasional May Day, PD FSP PAR - SPSI Bali gelar diklat kader
Foto : Peserta diklat kader FSP PAR-SPSI Bali.

Hal senada juga diungkapkan Wargiatno selaku anggota PUK Prama Sanur Beach Hotel. Diklat kader menurutnya memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai tugas pengurus serikat pekerja. “Kami sangat senang mengikuti pelatihan ini, karena ini adalah suatu moment yang sangat penting untuk kaderisasi dalam SPSI. Kita bisa memahami apa dan siapa serta bagaimana kita bisa melakukan tugas kita sebagai pengurus FSP Pariwisata,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Ketua PD FSP PAR-SPSI Provinsi Bali, Putu Satyawira Marhaendra kembali mengingatkan bahwa FSP PAR-SPSI bukanlah organisasi sosial namun merupakan organisasi pengacara/advokat di dalam hubungan industrial. Untuk itu para pengurus FSP PAR-SPSI wajib mengetahui dan memahami dengan baik Undang-Undang Nomor 21 tahun 2000 tentang serikat pekerja/serikat buruh, Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan Undang-Undang Nomor 2 tahun 2004 tentang penyelesaian perselisihan hubungan industrial serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) FSP PAR-SPSI.

Selanjutnya Satyawira pun mengimbau para pengurus FSP PAR-SPSI harus mampu melakukan komunikasi yang baik dengan anggota, antar pengurus, dan pihak manajemen. Dengan demikian diyakini keberadaan serikat pekerja pariwisata Bali akan mampu meningkatkan keuntungan perusahaan yang berimbas pada peningkatan kesejahteraan anggota.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here