ITDC Ajak Pelaku Pariwisata Tingkatkan Siaga Penanggulangan Bencana Alam

0
ITDC Ajak Pelaku Pariwisata Tingkatkan Siaga Penanggulangan Bencana Alam
Foto : Pengelola kawasan ITDC ajak pelaku pariwisata tingkatkan siaga penanggulangan bencana alam, Senin (22/4) di wantilan ITDC, Nusa Dua Badung.

Buletin Dewata, Badung.

Industri pariwisata Bali dituntut untuk senantiasa selalu siap siaga dalam hal melakukan penanggulangan bencana. Mengingat berbagai bencana alam berpotensi terjadi kapanpun dan di manapun. Hal ini perlu diantisipasi dengan melakukan simulasi penanggulangan bencana untuk menunjukkan kepada wisatawan bahwa destinasi Bali mampu memberikan pelayanan sesuai SOP jika nantinya terjadi bencana alam.

Managing Director The Nusa Dua Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), I Gusti Ngurah Ardita menegaskan bahwa seluruh industri baik hotel, restoran dan tenant yang berada di kawasan pesisir diminta untuk memiliki kemampuan menangani bencana. Contohnya jika terjadi gempa bumi disertai tsunami, bagaimana penanganan yang dilakukan pihak hotel dan restoran serta tenant saat wisatawan berada di tempat tersebut.

“Melatih penanggulangan bencana gempa bumi yang berdampak tsunami ini perlu dilakukan baik itu penyusunan skenario dan komunikasi antara pelaku pariwisata dengan wisatawan,” ujarnya saat kegiatan Table Top Exercise (TTE) di Badung, Senin (22/4).

ITDC Ajak Pelaku Pariwisata Tingkatkan Siaga Penanggulangan Bencana Alam
Foto : ITDC gelar kegiatan Table Top Exercise (TTE).

Dikatakan Ardita siapapun tidak menginginkan terjadinya bencana, di industri pariwisata kemampuan dalam kesiap siagaan melakukan penanggulangan bencana ini sangat penting terutama untuk meyakinkan para wisatawan agar tidak khawatir berkunjung ke Bali.

“Melatih semua unsur terkait dalam penanggulangan bencana ini memang harus dilakukan. Memang setiap hotel sudah memiliki SOP terkait itu tapi perlu dilatih dan didokumentasikan agar wisatawan mengetahui seperti apa cara kita menangani bencana,” jelasnya.(blt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here