BPPD Badung Dorong Generasi Millennial Jadi Corong Promosi Pariwisata Budaya Bali

0
BPPD Badung Dorong Generasi Millennial Jadi Corong Promosi Pariwisata Budaya Bali
Foto : BPPD Badung mengundang sekolah-sekolah pariwisata di seluruh Bali untuk mengikuti audiensi program edukasi wisata Edu Travel.

Buletin Dewata, Badung.

Di tengah giat-giatnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung melakukan promosi pariwisata, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Badung mengajak generasi muda ataupun kaum millennial untuk mendukung promosi pariwisata Badung dan Bali pada umumnya. Generasi muda dengan semangatnya diharapkan mampu sebagai corong promosi untuk lebih mengenalkan pariwisata budaya Bali di dalam maupun diluar negeri.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Badung, I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya mengatakan pendidikan kepariwisataan atau Edu Travel sangat penting diberikan kepada generasi muda sebagai upaya pembelajaran sekaligus bagus untuk promosi pengenalan pariwisata budaya Bali. Melalui Edu Travel, pariwisata budaya Bali dapat di sharing ke dunia internasional dan potensial millennial tourism dapat semakin berkembang.

Menurut Rai Suryawijaya upaya tersebut dapat dilakukan dengan cara mengundang sekolah-sekolah pariwisata di seluruh Bali untuk mengikuti audiensi sebuah program edukasi wisata melalui kerjasama dengan negara luar. “Ini cukup bagus untuk pengenalan dan juga kemajuan pariwisata sekaligus promosi pariwisata. Biar generasi muda punya pengalaman jangan di daerah kita saja, dia harus punya pengalaman luar sehingga bisa menimba ilmu yang lebih bagus. Melalui Edu Travel ini kita bisa mengembangkan millennial tourism untuk Badung,” ujar Rai Suryawijaya di temui di Ruang Sapta Pesona, Dinas Pariwisata Badung, Jumat (30/11).

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Badung, I Made Ramia Adnyana yang menyampaikan bahwa melalui program semacam pertukaran budaya yang melibatkan generasi muda Bali ke luar negeri akan turut membawa kepopuleran promosi pariwisata Bali khususnya Pariwisata Kabupaten Badung di luar negeri. Program ini menurutnya sudah banyak dilakukan oleh universitas luar negeri, seperti di Amerika. “Jadi programnya ini semacam pertukaran budaya yang namanya Cultural Immersion. Ini sudah terjadi di beberapa universitas dari Amerika terutama kita ada partner namanya Bali Institute for Global Renewal yang setiap bulan itu kurang lebih 2-3 grup dari Amerika datang untuk belajar budaya Bali,” jelasnya.

Ditambahkan, berbekal budaya Bali dan semangat anak-anak muda yang energik maka pendidikan kepariwisataan atau Edu Travel akan dapat mengembangkan potesial Millennial Tourism untuk Badung. “Nah ini bagus sekali melalui Edu Travel ini kita bisa sharing tentang budaya bali ke dunia internasional dan juga mengembangkan yang namanya Millennial Tourism ke depan,” imbuh Ramia.

Berkaitan dengan Millennial Tourism, Ramia menerangkan Pemkab Badung telah memiliki Generasi Wonderful Indonesia (Genwi) dan Generasi Pesona Indonesia (Genpi) untuk mengajak lebih banyak kaum millennial untuk mempromosikan potensi wisata Badung. Selain itu Pemkab. Badung juga telah memberangkatkan sekitar 20 mahasiswa terbaik untuk belajar di luar negeri yang selanjtnya akan kembali untuk menjadi Ambasador Millennial Tourism bagi Badung.(blt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here