PUTRI Gelar Indonesia Tourists Attraction Expo & Forum (ITAEF) ke-2 tahun 2018 di Kuta Bali

0
PUTRI Gelar Indonesia Tourists Attraction Expo & Forum (ITAEF) ke-2 tahun 2018
Foto : saat pembukaan Indonesia Tourists Attraction Expo & Forum (ITAEF) ke-2 tahun 2018, Kamis (8/11).

Buletin Dewata, Badung.

Memperingati 41 tahun Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) menyelenggarakan kegiatan bertajuk Indonesia Tourists Attraction Expo & Forum (ITAEF) ke-2 tahun 2018, berlangsung mulai 8-10 Nopember 2018 di Kuta-Bali. Rangkaian kegiatan ITAEF yang diisi dengan Table Top, Ekskursi, Rakernas dan Forum Komunikasi Nasional bertemakan “Percepatan Pertumbuhan Destinasi Pariwisata” di buka Deputi Kemenpar RI Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dadang Rizki Ratman, di Hotel Grand Inna Kuta Bali, Kamis (8/11).

Kegiatan ITAEF ini diselenggarakan untuk mendukung program Pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata RI guna meningkatkan kunjungan 20 juta wistawan mancanegara dan 275 juta wisatawan nusantara pada tahun 2019. ITAEF yang pertama sebelumnya dilaksanakan di Yogyakarta dan berjalan sukses atas dukungan dari Kementerian Pariwisata RI, instansi pemerintah dan swasta, pengelola destinasi wisata, dan DPD -DPD PUTRI serta para sponsor.

Dalam sambutannya Ketua Umum DPP PUTRI DR. DRS. A.J. Bambang Soe Tanto, MM. menyampaikan ITAEF merupakan agenda rutin tahunan dari Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI yang berskala nasional. ITAEF 2018 ini diharapkan dapat memperkenalkan destinasi wisata Indonesia kepada masyarakat Indonesia dan dunia, sekaligus mempercepat pertumbuhan destinasi dan industri pariwisata.

Komitmen PUTRI dalam memajukan dan mengembangkan Industri Pariwisata selama ini mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata, Kementerian dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta instans baik pemerintah maupun swasta. “saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama dengan baik dan bersinergi membangun Pariwisata yang lebih baik”, ujarnya

Sementara itu, Ketua DPD Putri Bali I Gusti Agung Inda Trimafo Yuda yang kerab disapa Gek Inda menyampaikan untuk mendukung pencapaian target 20 juta kunjungan wisman ke Indonesia pada tahun 2019, perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas objek wisata di setiap daerah, termasuk Bali. Diakui bukan persoalan yang mudah untuk diselesaikan, adanya persaingan harga di dunia bisnis pariwisata khususnya usaha taman rekreasi harus segara dicarikan solusi.

“Solusinya salah satu mungkin harus ada pihak yang mengkontrol sistem pasar yang ada dibawah. Bagaimana kita menjaga tamu-tamu yang datang atau pelaku pariwisata itu supaya disosialisasikan pentingnya untuk menjaga kualitas. salah satu upaya untuk menjaga kualitas syaratnya adalah mengontrol operation cost, karena tidak mungkin kualitas yang bagus dijual dengan harga yang sangat murah. Jadi bagaimana kita menekankankan stadarisasi yang bagus sehingga pelaku usaha tersebut juga akan menjaga harganya kalo tidak mereka pun akan gulung tikar”, tutur Gek Inda.

Ditambahkannya, guna menjaga market share objek wisata di Bali, para pengelola taman rekreasi wisata harus tetap selalu kreatif dan berinovasi untuk menghasilkan hal-hal yang baru tanpa merubah jati diri kearifan lokal yang ada.”Menjaga market share objek wisata di Bali, pelaku pariwisata harus tetap selalu kreatif dan berinovasi dan menghasilkan hal hal yang baru tanpa merubah jati diri

Kegiatan ITAEF yang didukung Kementrian Pariwisata RI, Badan Ekonomi Kreatif, PERURI, dan Pemerintah Provinsi Bali dikuti lebih dari 200 peserta terdiri dari pengelola destinasi wisata, instansi pemerintah dan swasta, Asosiasi di bidang pariwisata, jasa perhotelan, DPD PUTRI serta anggota PUTRI Se-Indonesia. ITAE melibatkan seluruh anggota PUTRI dan stakeholders industri pariwisata Indonesia agar potensi yang dimiliki masing- masing daerah dapat terekspos dan menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung. Dengan demikian maka Indonesia dan Bali khususnya akan menjadi sasaran utama tujuan kunjungan wisatawan.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here