Gathering Merah Putih  IHGMA Bali Bersama Bali Villa Association

Gathering Merah Putih  IHGMA Bali Bersama Bali Villa Association
Foto : Pengurus IHGMA Bali Bersama pengurus Bali Villa Association (BVA), di acara Gathering Merah Putih Adhi Jaya Sunset Hotel, Kuta Bali pada hari Jumat, (17/18).

Buletin Dewata, Badung.

Dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, IHGMA Bali bekerjasama dengan BVA menyelenggarakan acara bertajuk “Harmony Gathering for Merah Putih” di Adhi Jaya Sunset Hotel, Kuta Bali pada hari Jumat, (17/18).

Acara tahunan IHGMA Bali ini dihadiri oleh Wakil Ketua Umum DPP IHGMA, I Made Ramia Adnyana, Penasehat DPP IHGMA sekaligus BVA, Haji Ismoyo Sumarlan, penasehat Mangku Wayan Suteja serta pengurus IHGMA Bali dan BVA beserta para anggota.

Dalam sambutannya, Gede Sukarta selaku chairman BVA yang juga member di IHGMA menyampaikan bahwa sinergi IHGMA-BVA sangat penting untuk ditingkatkan terus melalui kolaborasi penyelenggaraan kegiatan seperti ini, sehingga mampu menghasilkan output yang lebih besar untuk kemajuan Pariwisata Bali khususnya dan Indonesia umumnya. “Stakeholder pariwisata harus bersatu, saling dukung serta terintegrasi mencapai tujuan bersama” imbuhnya.

Sementara Ketua IHGMA Bali, I Nyoman Astama, menyampaikan keinginan pihaknya untuk menjadikan pariwisata Bali berkualitas dan berkelanjutan. “Kita ingin menunjukkan cinta kita pada negeri ini melalui karya nyata yang bermanfaat bagi masyarakat Bali dan Indonesia, dan khususnya untuk industri pariwisata ini. Kita ingin berbuat sesuatu yang dapat menjadikan pariwisata semakin berkualitas dan berkelanjutan. Salah satunya adalah melalui kepedulian pada lingkungan sebagai rumah dari pariwisata itu sendiri”, ujarnya.

Kegiatan gathering dirangkaikan dengan seminar bertajuk “Green Environment for Green Tourism” yang menghasilkan kesepakatan bersama para peserta yang hadir terkait pengurangan penggunaan bahan plastik pada umumnya dan “plastic straw” pada khususnya.

Ketua panitia penyelenggara, K.Swabawa menjelaskan bahwa kegiatan tahun ini merupakan lanjutan dari kegiatan pelestarian lingkungan yang dilaksananakan tahun lalu. “Kami concern pada pelestarian lingkungan dengan terus menerus mengedukasi para anggota kami pada setiap kesempatan. Tahun lalu kami programkan pengelolaan minyak jelantah (minyak bekas) yang dapat diproses menjadi bahan bakar kendaraan sehingga mengurangi perusakan alam dan unsur hara dalam tanah. Tahun ini kami programkan pengurangan penggunaan bahan plastik dengan memulainya tidak menggunakan straw plastik di FB outlet. Langkah nyata walo kecil tentunya sangat bermanfaat bagi kita semua. Inilah bentuk kemerdekaan yang cocok untuk masa kini di jaman generasi mileneal, kita tidak perlu mengangkat senjata untuk mempertahankan kemerdekaan, namun dengan memelihara-melestarikan-menjaga alam Indonesia agar dapat diwariskan pada anak cucu kita di masa mendatang,” terangnya.

Kegiatan gathering dan seminar berlangsung dengan menarik dengan menghadirkan pembicara Brett Morgan (Urban Adventure) yang membahas tentang isu lingkungan. Kegiatan yang diikuti sekitar 60 orang peserta yang hadir dan ini sangat diapresiasi oleh wakil ketua umum DPP IHGMA, Ramia Adnyana. “Kita tahu semua bahwa para anggota kita juga melaksanakan kegiatan perayaan 17 Agustus di unit hotelnya masing-masing atau lingkungannya tetapi mereka masih tetap bisa mengatur kehadirannya demi soliditas dan kecintaannya pada asosiasi baik IHGMA maupun BVA. Ini sangat luar biasa dan kami sangat mengapresiasi partisipasi rekan-rekan kita ini, ” pungkas Ramia.(ram)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *