Gempa di Lombok Ratusan Wisatawan di 3 Gili Dievakuasi ke Bali

0
Gempa di Lombok Ratusan Wisatawan di 3 Gili Dievakuasi ke Bali
Foto : Proses evakuasi wisatawan lokal dan mancanegara dari Gili Trawangan, Gili  Air dan Gili Meno Lombok Utara, Senin (6/8).

Buletin Dewata, Mataram.

Gempa di Lombok berkekuatan 7.0 SR, yang terjadi Minggu (5/8) menyebabkan ratusan wisatawan lokal dan mancanegara yang ketakutan dievakuasi dari 3 Gili yaitu Gili Trawangan, Gili  Air dan Gili Meno Lombok Utara. Terlebih gempa susulan masih terus terjadi di pulau padat wisatawan asing tersebut. Tim SAR gabungan berusaha mengevakuasi mereka, dengan membawa keluar melalui Pelabuhan Bangsal, Kecamatan Pemenang Lombok Utara.

Tim SAR bersama Polisi, TNI, TRC menggiring ratusan wisatawan melalui dermaga di tiga gili. Proses evakuasi menggunakan boat milik swasta yang jumlahnya tak sebanding dengan banyaknya wisatawan yang akan diangkut sehingga dibantu dengan kapal milik SAR dan kapal Polair.

Gempa di Lombok Ratusan Wisatawan di 3 Gili Dievakuasi ke Bali
Foto : Proses evakuasi menggunakan boat milik swasta.

Ketua Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Asita) Bali, I Ketut Ardana dihubungi via telepon, Senin (6/8) mengatakan pasca gempa di Lombok sebagian wisatawan mancanegara yang dihandle anggota Asita Bali yang berada di Lombok telah dievakuasi dan dibawa ke Bali. “Sebagian dari wisatawan yang ada di Lombok merupakan tamu dari anggota Asita. Sebagian tamu di sana juga datang secara online tanpa travel agent. Mereka (wisatawan) meminta dibawa ke Bali menghindari Lombok. Namun untuk mengangkut semua wisatawan mengalami kendala karena angkutan yang tidak memadai. Sebab lebih banyak jumlah orang yang diangkut ketimbang ketersediaan alat angkutnya. Bahkan pemerintah juga telah mengambil cara untuk memindahkan wisatawan dari Lombok ke Bali,” ungkap Ardana.

Ardana pun tidak menyangkal jika keputusan ke Bali ada pada masing-masing pribadi wisatawan. “Memang  gempa yang terjadi di Lombok getaran dan dampaknya terasa di Bali tapi kondisi di Bali tidak separah di Lombok. Meskipun hingga menyebabkan beberapa kerusakan disejumlah tempat perbelanjaan dan hotel juga tapi hanya tempelan temboknya yang lepas,” ujarnya.

Gempa di Lombok Ratusan Wisatawan di 3 Gili Dievakuasi ke Bali
Foto : Ratusan wisatawan menunggu proses evakuasi dari Gili Lombok ke Bali.

Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan maskapai nasional Garuda Indonesia untuk memberikan fasilitas mengangkut wisatawan yang ingin meninggalkan Lombok dan beralih ke Bali. “Saya sudah bicara dengan General Manager Garuda Indonesia di Denpasar. Respon dari Garuda pun oke dan segera akan menyampaikan permintaan ini ke pusat untuk menyiapkan armada berupa extra flight dari Denpasar ke Lombok dan Lombok Denpasar hari ini. Tadi pagi saya sampaikan itu ke pihak Garuda Indonedia di Denpasar,” terangnya.

Sementara itu Muhammad Ardi Kurniadi, Sales & Service PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Kantor Denpasar menyatakan khusus untuk Senin (6/8) Garuda Indonesia menyediakan armada atau penerbangan tambahan rute Denpasar-Lombok dan Lombok-Denpasar menjadi 5 kali jadwal penerbangan dalam sehari untuk mengangkut wisatawan yang menuju Bali guna menghindari adanya gempa susulan dan potensi tsunami.(bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here