Pelaku Pariwisata Minta Pemimpin Bali Terpilih Komitmen Tingkatkan Pariwisata

Pelaku Pariwisata Minta Pemimpin Bali Terpilih Komitmen Tingkatkan Pariwisata
Foto: Ketua Gabungan Industi Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, Ida Bagus Agung Partha Adnyana.

Buletin Dewata, Denpasar.

Pelaku industri pariwisata Bali menaruh harapan kepada pemimpin Bali terpilih periode 2018-2023. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati sebagai Gubernur Bali terpilih dan Wakil Gubernur Bali terpilih. Harapan itu disampaikan Ketua Gabungan Industi Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, Ida Bagus Agung Partha Adnyana di Denpasar.

Pihaknya berharap bahwa pemimpin Bali terpilih itu memiliki komitmen untuk memajukan pariwisata Bali. “Komit itu bentuknya apa? ada 2 hal yaitu pertama, komit dari anggaran. Harus ada peningkatan. Kalau tidak ada ya diadakan, kalau kurang ya ditingkatkan,” cetus pria yang akrab disapa Gus Agung ini.

Dia yang juga Ketua Gahawisri Bali menyatakan, komitmen yang kedua yaitu menempatkan aparatur-aparatur terbaik/profesional di bidang pariwisata untuk ditempatkan di Dinas Pariwisata. “Dari komitmen ini barulah bersama-sama dengan pelaku industri pariwisata bertemu setiap bulan,” katanya.

Hal itu untuk membicarakan dan membahas serta mencari solusi terkait permasalahan yang ada di industri pariwisata Bali. Dengan demikian, menurutnya, secara otomatis masalah yang krusial seperti sampah dan kemacetan ini bisa segera dicarikan solusinya. “Masalah kemacetan dan sampah tidak bisa sekali selesai. Kita jalankan sama-sama dan tidak bisa diuber/dikejar serta perbaiki dulu regulasi-regulasi,” ucap Gus Agung.

Menurutnya sangat tepat jika yang memimpin pulau ini dari kalangan pariwisata karena perekonomian masyarakat Bali mengandalkan sektor pariwisata. Dalam hal memajukan Bali, industri kata dia siap bersama dengan pemerintah bersinergi menjaga destinasi internasional ini. “Jadi jika ada permasalahan kita tidak susah payah ngomongnya karena beliau (pemimpin Bali) sendiri sudah tahu dan mengerti masalah pariwisata. Kita akan bersama-sama antara pemerintah dan industri membangun pariwisata Bali agar lebih maju,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *